Search

Terpopuler - Kabareskrim Beri Pelatihan Khusus ke Penyidik

INILAHCOM, Jakarta - Kabareskrim Polri, Irjen Pol Arief Sulistyanto memberikan pelatihan khusus kepada seluruh jajaran reserse di Indonesia. Pelatihan ini guna menghadapi tindak pidana melalui media sosial di Pemilu 2019.

"Mengadakan pelatihan khusus penyelidik dan penyidik tindak pidana pemilu bekerjasama dengan Bawaslu. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penyelidik dan penyidik Polri untuk menangani tindak pidana Pemilu yang terjadi, baik pidana di 75 perbuatan pidana yang telah diatur oleh UU Pemilu maupun perbuatan-perbuatan lain yang diinovasi untuk mengakali aturan undang-undang," kata Arief dalam keterangannya, Senin (27/8/2018).

Arief mengatakan seluruh penyidik dilatih untuk bisa memaksimalkan waktu 14 hari yang ditetapkan dalam menangani pidana Pemilu. Menurut dia, pemilu 2019 kali ini berbeda dengan pemilu sebelumnya.

"Seiring dengan dinamika perkembangan IT, kampanye bukan hanya dengan cara kampanye konvensional, banyak kampanye juga dilakukan di media sosial. Sehingga Penyelidik dan penyidik Polri harus membuka wawasan agar dapat mengetahui perbuatan mana yang pidana dan bukan pidana Pemilu," jelas Arief.

"Para penyelidik dan penyidik Polri dilatih untuk bisa memaksimalkan waktu 14 hari dalam proses penyidikannya hingga penanganan terhadap tersangka yang tidak hadir saat pemeriksaan atau in abtentia," sambung dia.

Menurut Arief, perkembangan dunia media sosial mau tidak mau juga menuntut penyidik Polri untuk lebih memahami kejahatan di media tersebut. Ia juga berharap penyidik Polri profesional dalam menangani tindak pidana di Pemilu 2019.

"Berkembangnya teknologi informasi tentu memerlukan pengetahuan yang tersendiri bagi para penyelidik dan penyidik Polri untuk dapat menanganinya secara profesional, yang tentunya akan didukung penuh oleh dukungan teknis dari Direktorat Siber Bareskrim Polri," ujar Arief.

Pelatihan khusus ini juga dihadiri oleh Ketua Bawaslu, Ketua DKPP, dan Jampidum Kejagung RI. Nantinya hasil pelatihan ini akan diteruskan ke seluruh penyidik di Polda dan Polres di seluruh daerah.[jat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Kabareskrim Beri Pelatihan Khusus ke Penyidik : https://ift.tt/2wk7K74

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Kabareskrim Beri Pelatihan Khusus ke Penyidik"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.