Search

Terpopuler - Ciri Orang yang Sholatnya Khusyu

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt., Dzat Yang Maha Mengetahui segala hal yang terjadi di langit dan di bumi. Dzat yang tiada pernah berhenti melimpahkan berbagai karunia kepada seluruh makhluk-Nya. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, Maha Suci Allah yang telah melimpahkan potensi sukses dalam diri kita. Sesungguhnya setiap kita ini terlahir ke dunia sebagai pemenang. Bagaimana bisa? Mohon maaf, sebelum kita terbentuk sebagai janin di dalam rahim ibu kita, kita terbentuk dari pertemuan antara sel sperma dan sel telur. Ribuan sel sperma yang berlomba-lomba membuahi sel telur, hanya satu saja yang berhasil.

Sholat yang khusyu adalah pelajaran bagi kita. Minimal lima kali dalam sehari muadzin mengingatkan kita untuk menunaikan sholat. Orang yang sukses adalah orang yang seringkali melihat jam tangannya. Mengapa? Semakin ia sering menghitung waktu, semakin ia efektif dalam menjalani kesehariannya. Dan, orang yang khusyu dalam sholatnya adalah orang yang sangat disiplin terhadap waktu.

Allah Swt berfirman, "Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu dalam sembahyangnya." (QS. Al Muminun [23] : 1-2)

Bagi orang yang sholatnya khusyu, waktu amatlah berharga, sehingga ia amat disiplin menggunakannya. Pantang baginya melakukan hal yang sia-sia apalagi kemaksiatan. Ia tidak akan berbuat sesuatu kecuali perbuatan yang berharga dan disukai oleh Allah Swt.

Orang yang sholatnya khusyu juga terpelihara lisannya. Pantang ia berkata-kata yang tidak berguna apalagi mengandung dosa. Ia hanya mau menggunakan lisannya untuk ucapan-ucapan yang bermanfaat dan disukai Allah Swt. Semakin banyak ucapan yang tidak berguna, semakin banyak ghibah, semakin banyak celetak-celetuk yang sia-sia, maka harus semakin kuat kita memeriksa sholat kita apakah khusyu atau tidak.

Sholat yang khusyu adalah sholat yang terjaga konsentrasinya, terjaga ketertibannya, ketenangannya dan fokusnya untuk fokus pada Allah Swt. Semakin terampil seseorang sholat khusyu maka akan semakin terampil pula ia menjaga perilakunya. Ia menjadi disiplin dalam menjaga sikapnya dan ucapannya.

Sedapat mungkin ia menghindari sikap dan ucapan yang mengundang dosa atau sia-sia. Maasyaa Allah, inilah salah satu hikmah luar biasa dari ibadah sholat. Disinilah kita bisa mengerti mengapa sholat itu bisa menyelamatkan pelakunya dari perbuatan keji dan munkar.

Orang yang khusyu akan disiplin, fokus dan terpelihara perilakunya. Semua ini adalah jalan menuju kesuksesan hidup. Betapa besar hikmah dari sholat khusyu ini. Marilah kita bermujahadah, tiada pernah lelah melatih diri untuk bisa menunaikan sholat yang khusyu. Semoga Allah Swt membimbing kita agar kita mampu melakukannya. Aamiin yaa Robbal aalamiin.[smstauhiid]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Ciri Orang yang Sholatnya Khusyu : https://ift.tt/2NsXbFe

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Ciri Orang yang Sholatnya Khusyu"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.