Search

Terpopuler - Respons Sekitar akan Kita

APA yang kita lakukan adalah disebut dengan aksi. Apa yang dilakukan sekitar kita yang berhubungan dengan aksi kita adalah disebut reaksi, yakni respons yang berkaitan erat dengan aksi itu. Karena aksi dan reaksi itu berkaitan, maka kita harus memberikan perhatian penuh akan aksi kita. Yakinkan aksi kita itu benar, baik dan indah agar reaksinya juga benar, baik dan indah.

Dalam salah satu sabdanya Rasulullah menyatakan: "Amal perbuatanmu adalah pegawai untukmu sendiri." Ingin kehidupan sekitar menjadi "pegawai kebaikan" bagi kita? Marilah berniat baik dan tebarkan kebaikan. Tanam padi tumbuh padi, tanam jagung tumbuh jagung. Sementara daun sirih berbuah semangka itu hanya ada dalam lagu, bukan dalam nyata.

Buanglah niat dan aksi merusak dalam kehidupan ini agar tak ada reaksi sekitar untuk merusak kehidupan kita. Jangan rusak alam agar alam tak marah lalu balas merusak kehidupan kita. Renungkan mengapa longsor dan banjir terjadi? Seringkali karena ulah manusia yang tak menjaga keharmonisan dan kesimbangan alam. Jangan rusak kehidupan orang lain agar orang lain tak merusak kehidupan kita. Hinaan dan cercaan, fitnah dan umpatan dari sekitar seringkali adalah buah dari aksi kita sendiri.

Sungguh kita berada dalam kondisi kebutuhan yang sangat akan penataan hati dan penataan hidup. Ketaatan akan perintah Allah dan Rasulullah serta kesesuaian sikap diri dengan logika akal sehat sungguh menjadi kunci utama untuk menggapai respon terbaik dari alam sekitar kita. Salam, AIM. [*]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Respons Sekitar akan Kita : http://ift.tt/2Gsecw8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Respons Sekitar akan Kita"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.