Search

Terpopuler - Pengakuan FIFA atas Indonesia di Ajang Piala Dunia

INILAHCOM, Jakarta - Korea Selatan, Jepang, Iran, dan Australia boleh berbangga karena kerap tampil di Piala Dunia. Tapi, FIFA mengakui Indonesia sebagai negara Asia pertama yang mencicipi di putaran final Piala Dunia.

Melalui akun Twitter resmi untuk Piala Dunia @FIFAWorldcup menyatakan Indonesia yang dulunya menggunakan nama Hindia-Belanda merupakan wakil Asia pertama di ajang terbesar sepakbola dunia tersebut.

Dalam tweet-nya, FIFA juga me-mention akun twitter PSSI @pssi_fai sebagi bentuk notifikasi.

"Siapa tim Asia pertama yang tampil di #PialaDunia? Hindia-Belanda yang sekarang bernama Indonesia mencapai putaran final Piala Dunia 1938 di Prancis," demikian kicau akun FIFA.

Lolosnya Hindai-Belanda ke Piala Dunia 1938 di Prancis merupakan hadiah karena wakil Asia lainnya, Jepang, mengundurkan diri akibat masalah perang.

Sayangnya, Hindia-Belanda langsung tersingkir di partai perdana usai dihajar Hungaria 0-6.

Meskipun demikian, Piala Dunia 1938 terasa istimewa bagi sepakbola Indonesia, buka hanya jadi debut final tetapi juga menjadi simbol perkenalan Hindia-Belanda di kancah internsional dengan segala keterbatasannya.

Nama Hindia-Belanda dipakai karena Indonesia saat itu masih berada di bawah penjajahan Belanda. Sergam yang dikenakan mereka saat itu merepresentasikan kerajaan Belanda dengan warna oranye, celana putih dan kaus kaki biru.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Pengakuan FIFA atas Indonesia di Ajang Piala Dunia : http://ift.tt/2rXB8A2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Pengakuan FIFA atas Indonesia di Ajang Piala Dunia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.