Search

Terpopuler - Bupati Kampar dan Wali Kota Dumai Diperiksa KPK

INILAHCOM, Jakarta - Bupati Kampar Provinsi Riau Azis Zaenal, masuk dalam jadwal pemeriksaan penyidik KPK, Selasa (7/8/2018).

Sang Bupati, bakal diperiksa dalam kasus dugaan suap terkait usulan dana perimbangan daerah pada RAPBN-P Tahun Anggaran 2018.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka AMN (Amin Santono)," terang Juru Bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan sesaat tadi.

Amin Santono merupakan anggota Komisi XI DPR RI yang menjadi tersangka lantaran menerima suap.

Selain Bupati Kampar, penyidik juga memanggil Walikota Dumai, Zulkifli untuk perkara yang sama."Zulkifi jadi saksi untuk tersangka YP (Yaya Purnomo)," sebut Febri. Yaya merupakan PNS di Kementerian Keuangan.

Ada juga nama ajudan Walikota Tasikmalaya, Galuh Wijaya yang juga diperiksa sebagai saksi untuk Yaya.

Pemeriksaan terhadap sejumlah kepala daerah dan orang dekat kepala daerah ini dilakukan untuk mengetahui proyek-proyek di daerah yang diduga dikorupsi.

Pasalnya dalam kasus ini, Amin Santono diduga menerima uang suap Rp500 juta dari dua proyek di Kabupaten Sumedang dengan nilai total proyek Rp25 Miliar. Uang Rp500 juta tersebut diduga bagian dari total komitmen fee Rp1,7 Miliar. Uang itu diberikan kepada Amin Santono dari seorang kontraktor di lingkungan Pemkab Sumedang, Ahmad Ghiast.

Sementara itu, PNS Kemenkeu, Yaya Purnama berperan bersama-sama dan membantu Amin Santono meloloskan dua proyek di Pemkab Sumedang itu. Dua proyek tersebut yakni proyek di Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan di Kabupaten Sumedang dan proyek di Dinas PUPR Sumedang. [rok]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Bupati Kampar dan Wali Kota Dumai Diperiksa KPK : https://ift.tt/2vNYxD4

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Bupati Kampar dan Wali Kota Dumai Diperiksa KPK"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.