Search

Terpopuler - Kemana Krisis Turki Menular?

facebook twitter

INILAHCOM, London - Euro, pasar yang sedang berkembang layu karena kekalahan Turki mendorong investor untuk mencari keselamatan
 
Euro tergelincir ke level terendah baru 13-bulan dan mata uang negara-negara berkembang merosot lebih lanjut pada Senin (13/8/2018). Sementara yen melonjak ke enam minggu tertinggi karena kejatuhan dari kecelakaan lira Turki mendorong lebih banyak investor ke mata uang safe-haven.

Karena investor membuang aset berisiko, forex pasar berkembang terus tergelincir karena investor khawatir tentang penularan. Rand Afrika Selatan turun 0,78 persen setelah jatuh lebih dari 10 persen dalam perdagangan sebelumnya, peso Meksiko 0,66 persen lebih rendah dan mata uang rubel Rusia lebih rendah 0,3 persen.

Lira Turki memantul dari rekor terendah setelah bank sentral berjanji untuk menyediakan likuiditas dan memotong lira dan persyaratan cadangan mata uang asing untuk bank Turki. Menteri Keuangan Turki,  Berat Albayrak juga mengatakan pemerintah telah menyusun rencana aksi ekonomi untuk meredakan kekhawatiran investor.

"Ketakutan besar di pasar adalah bahwa kita menuju krisis pasar berkembang penuh," kata Ulrich Leuchtmann, ahli strategi Valuta Asing di Commerzbank di Frankfurt seperti mengutip cnbc.com. Dia mengutip krisis keuangan Asia 1997 ketika bahkan negara-negara dengan posisi ekonomi makro yang sehat tersedot menjadi sell-off yang mendalam.

Leuchtmann mengatakan dia percaya bahwa pasar "pada dasarnya berada dalam posisi yang berbeda" hari ini karena banyak bank sentral pasar yang muncul mempertahankan kepercayaan investor setelah menaikkan suku bunga selama setahun terakhir.

Tapi berebut menjadi mata uang yang dianggap lebih aman, seperti yen, menggarisbawahi ketakutan tentang kemana tujuan ini.

Euro jatuh ke level $ 1,1365, terendah 13 bulan, sebelum pulih untuk diperdagangkan turun 0,04 persen menjadi $ 1,1315.

Analis mengatakan sebagian besar kelemahan euro turun ke kekuatan dolar tetapi kekhawatiran tentang dampak pada bank-bank Eropa dari kemerosotan Turki, meskipun paparan yang relatif terbatas dari sebagian besar pemberi pinjaman, juga telah memainkan peran.

Dolar, yang telah reli sejak krisis lira meledak, kehilangan 0,16 persen menjadi 96,20 terhadap sekeranjang mata uang utama.

Franc Swiss melonjak ke 1,1352 ke euro, dalam kumis satu tahun tertinggi terhadap mata uang tetapi sedikit berubah terhadap dolar. Franc biasanya dibeli oleh investor pada saat fluks pasar.

Yen melonjak 0,03 persen terhadap dolar ke 110,83 setelah sebelumnya mencapai tertinggi enam minggu di 110,11.

Euro tergelincir 0,8 persen terhadap yen ke 125,52, mendekati level terendah 2-1 / 2-bulan di 125,26.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Kemana Krisis Turki Menular? : https://ift.tt/2w4jOs4

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Kemana Krisis Turki Menular?"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.