Search

Terpopuler - Perbedaan adalah Karunia

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt yang telah menciptakan makhluk-makhluk-Nya dalam keanekaragaman warna, rupa dan bentuk. Tiada yang mampu menandingi kesempurnaan ciptaan Allah Swt. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, manusia dari etnis Sunda, Jawa, Bugis, Arab, Tionghoa, dan lain sebagainya di muka bumi adalah sama. Sama apanya? Sama-sama ciptaan Allah Swt. Sama-sama hal yang bukan pilihan. Kita tidak bisa memesan lahir dari etnis apa, wana kulit apa, keluarga apa, warga negara apa. Semua ini semata-mata adalah pilihan Allah Yang Maha Bijaksana.

Allah Swt berfirman, "Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal." (QS. Al Hujurot [49] : 13)

Yang bisa kita pilih adalah apakah kita menjadi taat kepada Allah atau tidak, menjadi hamba yang sholeh atau tidak, mengikuti tuntunan Rasulullah Saw ataukah tidak.

Tidak boleh kita membenci orang lain hanya karena berbeda suku semata. Tidak boleh kita menyakiti orang lain hanya karena berbeda etnis. Pernah terjadi tragedi di antara kita di mana sebagian orang menyakiti sebagian orang yang lain karena alasan berbeda suku/etnis. Padahal kita menyadari bahwa kita tidak pernah bisa memesan untuk dilahirkan dari suku tertentu.

Jangan pernah merasa lebih mulia, lebih tinggi, lebih unggul dari orang lain hanya karena perbedaan suku bangsa. Karena Allah Swt telah menjelaskan dengan sangat terang-benderang bahwa yang paling baik, yang paling mulia, yang paling tinggi derajatnya di hadapan Allah adalah yang paling takwa.

Perbedaan-perbedaan yang sudah ditakdirkan Allah Swt. itu adalah sarana bagi kita untuk saling mengenal dan saling menemukan betapa besarnya tanda-tanda keagungan Allah Swt. Manusia saja diciptakan beranekarupa, belum makhluk Allah lainnya. Melihat perbedaan-perbedaan tersebut semestinya membuat kita semakin mengenal Allah dan semakin dekat dengan-Nya. Yakin bahwa tiada pernah ada yang bisa menciptakan ciptaan-ciptaan sehebat ini kecuali Allah Swt. Semoga kita termasuk hamba-hamba Allah yang senantiasa mentafakuri keberagaman makhluk-Nya sehingga semakin yakin kepada-Nya. Aamiin yaa Robbal aalamiin. [smstauhiid]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Perbedaan adalah Karunia : https://ift.tt/2A28Ngi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Perbedaan adalah Karunia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.