Search

Terpopuler - Kuda Tuli, Warganet Kicaukan #JasMerah27Juli

INILAHCOM, Jakarta - Kerusuhan Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat atau yang dikenal sebagai insiden Kudeta Dua Puluh Juli (Kuda Tuli) yang terjadi hari ini, Jumat (27/7/2018) menjadi perhatian warganet di medsos.

Tagar #JasMerah27Juli yanng masuk sepuluh besar trending topic menjadi selipan warganet untuk menyampaikan aspirasi mereka terhadap peringatan insiden Kuda Tuli pada 22 tahun silam itu.

Adapun Jas Merah 27 Juli merupakan akronim dari Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah 27 Juli. Akronim ini menggunakan slogan yang melekat dengan Proklamator Ir. Soekarno

Akun @chsnyeosl mencuit, "Mereka berkaus oblong merah, bergegas turun dan mendekati pagar markas PDI. #JasMerah27Juli #MenolakTuli27Juli."

"Sejumlah aktivis LSM dan mahasiswa menggelar aksi mimbar bebas di bawah jembatan layang kereta api dekat Stasiun Cikini. Mimbar bebas ini kemudian beralih ke Jalan Diponegoro.#Jasmerah27Juli #MenolakTuli27Juli," timpal @sirodjudin72.

Adapula pengguna Twitter atas nama akun @stpreme mencuit dengan tagar ini dan menyelipkan gambar aksi Kuda Tuli yang menampilkan seorang peserta demo mengenakan kaos 2019 Jokowi Tetap Presiden.

"Haha,, lucu ya kudatulinya #JasMerah27Juli #MenolakTuli27Juli," cuit akun tersebut dalam unggahan fotonya.

Sebagaimana diketahui peristiwa Kuda Tuli merupakan kerusuhan akibat perebutan kantor DPP PDIP antara kubu Soerjadi dan Megawati Soekarnoputri itu dikenal dengan nama Kudatuli atau Kerusuhan Dua Puluh Tujuh Juli.

Saat itu kantor DPP PDIP dikuasai pendukung Megawati Soekarnoputri. Kubu massa pendukung Soerjadi melakukan penyerbuan karena ingin kantor tersebut diperuntukan untuk Ketua Umum versi Kongres PDI Medan.

Kerusuhan meluas hingga ke kawasan Diponegoro, Salemba dan Kramat. Investigasi Komnas HAM menemukan 5 orang tewas saat kerusuhan dan 11 meninggal dunia di rumah sakit, 149 mengalami luka, 23 dinyatakan hilang, dan 124 orang ditahan. [rok]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Kuda Tuli, Warganet Kicaukan #JasMerah27Juli : https://ift.tt/2vbCxBp

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Kuda Tuli, Warganet Kicaukan #JasMerah27Juli"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.