Search

Terpopuler - Bagaimana Tidurmu Semalam? Apakah Syetan Tidur?

PERTANYAAN "bagaimana tidurmu semalam?" adalah pertanyaan yang biasa kita dengar dari keluarga kita atau sahabat akrab kita. Namun pertanyaan tentang apakah syetan tidur sangatlah jarang kita dengar. Lebih jarang lagi kita dengar adalah "bagaimanakah tidurmu semalam, syetan?"

Namun dalam kitab Talbisu Iblis halaman 301 diceritakan bahwa ada seorang lelaki yang bertanya kepada Syekh Hasan Basri:

"Apakah Iblis tidur?" Beliau menjawab: "Kalau iblis/syetan itu tidur, niscaya kita temukan ketenangan"

Ada dua makna dari kisah di atas: pertama, yang membuat tak tenang hidup adalah syetan. Siapa yang bersahabat dengan syetan, tergoda oleh syetan, atau berperilaku seperti syetan pastilah hidupnya tak tenang, tak damai dan tak bahagia. Di sinilah kita temukan makna penting dari ta'awwudz, memohon perlindungan kepada Allah.

Makna kedua dari kisah itu adalah bahwa jika tidur kita adalah ketenangan bagi yang lain dan bangun kita adalah menjadi penyebab kekisruhan bagi yang lain, maka kita berada dalam satu blok dengan syetan. Na'udzu biLLAH min dzalik.

Tebarkan kedamaian, bangunlah kerukunan, ciptakan ketenangan, maka kita adalah manusia terpilih yang layak menjadi khalifah di muka bumi. Salam, AIM. [*]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Bagaimana Tidurmu Semalam? Apakah Syetan Tidur? : https://ift.tt/2A7A4xH

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Bagaimana Tidurmu Semalam? Apakah Syetan Tidur?"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.