Search

Terpopuler - BI: Ekspor Rontok, Pertumbuhan Ekonomi Mentok 5,1%

INILAHCOM, Jakarta - Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2018 berada di level 5,1%, atau bias bawah sasaran 5,1%-5,5%. Lantaran ekspor terjun bebas.

"Pertumbuhan ekspor yang terindikasi tidak sekuat prakiraan awal karena dipengaruhi tren harga komoditas global yang menurun," kata Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta, Kamis.

Hingga bulan keenam ini kinerja ekspor Indonesia belum sesuai ekspetasi. Hasil dari ekspor di Juni hanya US$13 miliar, atau longsor hingga 19,8% ketimbang ekspor Mei 2018.

Walhasil, ekspor sepanjang Januari-Juni 2018, hanya US$89 miliar. Terdiri dari ekspor non migas US$79,38 miliar dan migas US$8,67 miliar. Sedangkan impor secara keseluruhan mencapai US$89,04 miliar di paruh pertama 2018.

"Itu telah memengaruhi prospek pertumbuhan ekonomi 2018 yang diprakirakan mendekati batas bawah kisaran proyeksi BI 5,1-5,5 persen," ujarnya.

Meski kontribusi ekspor menurun, Bank Sentral optimistis konsumsi rumah tangga membaik. Untuk triwulan II-2018, BI memproyeksikan pertumbuhan ekonomi domestik tidak akan meleset jauh dari perkiraan sebelumnya yakni 5,2%.

Pertumbuhan di kuartal II didorong oleh perbaikan konsumsi rumah tangga karena melimpahnya stimulus fiskal seperti pencairan gaji ke-13, dan juga laju inflasi yang terjaga. Indikator dunia usaha dan konsumen pun menunukkan akselerasi roda perekonomian, meski masih terbatas.

Untuk investasi riil, Bank Sentral melihat akselerasi proyek infrastruktur akan menjadi daya tarik bagi investor. Sebelum Rapat Dewan Gubernur Juli 2018 ini, BI memproyeksikan ekonomi Indonesia tumbuh 5,2%. Atau titik tengah sasaran BI yang berada di rentang 5,1%-5,5%.

Sementara untuk pertumbuhan kredit, BI masih moderat mempertahankan target 10%-12% (year on year/yoy) dengan Dana Pihak Ketiga (DPK) bank bertumbuh 9%-11% (yoy).

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - BI: Ekspor Rontok, Pertumbuhan Ekonomi Mentok 5,1% : https://ift.tt/2mt1xjN

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - BI: Ekspor Rontok, Pertumbuhan Ekonomi Mentok 5,1%"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.