Search

Terpopuler - Apa Pemicu Krisis Turki?

INILAHCOM, New York - Langkah Presiden Donald Trump Jumat untuk melipatgandakan tarif logam di Turki hanyalah jab terakhirnya terhadap sekutu NATO yang berasal dari perselisihan mengenai kebijakan pertahanan dan penahanan pendeta Amerika Andrew Brunson.

Trump datang ke kantor mencari hubungan yang lebih baik dengan Turki. Tetapi ketika Trump mengumumkan rencananya untuk menaikkan tarif pada baja dan aluminium Turki hingga 50 persen dan 20 persen, masing-masing, ia mengakui bahwa "hubungan kita dengan Turki tidak baik pada saat ini!" (Tweet Trump)

Dalam tweet Jumat, presiden mengatakan dia akan memungut tarif karena "mata uang mereka, Lira Turki, meluncur turun dengan cepat ke bawah terhadap Dollar kami yang sangat kuat!" Mata uang yang sudah terguncang jatuh bahkan lebih Jumat, turun 20 persen setelah tweet Trump.

Gedung Putih kemudian mencoba untuk mengklarifikasi tweet Trump, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia "mengizinkan penyusunan dokumen untuk menaikkan tarif" pada impor logam dari Turki.

Kamis malam (9/8/2018), dan sebelum tweet Trump, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan dia akan tahan terhadap tekanan dari Amerika Serikat.

"Ada berbagai kampanye yang sedang dilakukan. Jangan pedulikan mereka," kata Erdogan Kamis. "Jangan lupa, jika mereka memiliki uang mereka, kami memiliki orang-orang kami, Tuhan kami. Kami bekerja keras. Lihatlah apa yang kami 16 tahun lalu dan lihat kami sekarang," kata Erdogan kepada pendukung seperti mengutip cnbc.com.

Perseteruan antara kedua negara muncul beberapa kali tahun ini. Para anggota Kongres dan pemerintahan Trump yang bipartisan keberatan dengan rencana Turki untuk memperoleh sistem pertahanan rudal Rusia. Kesepakatan untuk Turki untuk menerima jet tempur Lockheed Martin F-35 berlangsung pada bulan Juni, meskipun ada oposisi kongresional terhadap transaksi terkait dengan sistem rudal buatan Rusia.

Anggota parlemen khawatir bahwa sistem pertahanan rudal dapat mengekspos kelemahan dalam pesawat buatan AS. Mereka khawatir bahwa Turki dapat berbagi kerentanan dengan Rusia, di antara kekhawatiran lainnya.

Ketika Senat memberikan suara sangat besar tahun ini untuk memblokir penjualan jet ke Turki, para anggota juga menyuarakan keprihatinan tentang penahanan Brunson. Turki telah menggelar pendeta evangelis sejak tahun 2016 dan menuduh bahwa dia terlibat dalam upaya kudeta yang gagal tahun itu. Dia membantah tuduhan itu.

Pada awal bulan, Departemen Keuangan menyetujui menteri-menteri Keadilan dan Interior Turki karena penahanan Brunson. Beberapa hari sebelumnya, Trump men-tweet bahwa "orang yang tidak bersalah ini harus segera dibebaskan!" (Tweet Trump)

Ketegangan antara negara-negara meluas ke perdagangan, juga. Administrasi Trump pada bulan Maret mengenakan tarif 25 persen dan 10 persen pada impor baja dan aluminium, masing-masing, dari sebagian besar mitra dagang, termasuk Turki.

Pada bulan Juni, Turki menanggapi dengan mengenakan bea sebesar US$1,8 miliar dalam barang-barang AS termasuk batu bara dan kertas.

Total perdagangan barang dan jasa antara AS dan Turki berjumlah US$22,4 miliar pada tahun 2016, data terbaru yang tersedia.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Apa Pemicu Krisis Turki? : https://ift.tt/2vZzzk8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Apa Pemicu Krisis Turki?"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.