Search

Terpopuler - Sudirman: Akhirnya Novanto Kena Juga

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said turut bersuara terkait Ketua DPR RI Setya Novanto yang terseret kasus dugaan korupsi e-KTP. Menurut dia, kelihaian Novanto kini akhirnya terjerumus juga kedalam jeruji besi.

"Orang mengatakan begitu saktinya orang bernama SN (Setya Novanto) ujungnya kena juga," kata Sudirman di Jakarta, Sabtu (9/12/2017).

Ketua Institut Harkat Negeri ini menilai situasi politik bangsa Indonesia sudah sangat mengkhawatirkan, karena persoalan korupsi yang menimpa sejumlah pimpinan lembaga negara harus dijadikan momentum untuk mencari pejabat publik yang berintegritas.

"Memang landskap politik kita lagi tidak membanggakan, karena dalam urusan korupsi ternyata lembaga tinggi negara, lembaga terhormat ini, DPR, DPD, MK, MA, semuanya pimpinan terkena kasus korupsi," ujarnya.

Menurutnya, terulangnya Novanto terseret kasus korupsi dan sempat bebas oleh putusan praperadilan menunjukkan dirinya orang yang lihai mempermainkan hukum.

"Dua hal bisa kita ambil pelajaran yakni makin sulit menyembunyikan kejahatan, makin pendek usia kejahatan. Kedua, uang bukan segalanya," jelas dia.

Untuk itu, Sudirman melihat perilaku korup para pemimpin politik yang terus saja terjadi tentu harus mengkaji apa yang salah dengan proses rekrutmen kepemimpinan di republik ini.

"Orang-orang berintegritas dan punya kemampuan enggan masuk ke dunia politik, sebaliknya politik diisi oleh banyak aktor yang super pragmatis dan mudah terjebak dalam pusaran korupsi," jelas pria yang akan ikut kontestasi Pilkada Jawa Tengah 2018 ini.

Dari sisi pembenahan sistem bernegara, kata Sudirman, perlu ada koreksi total dalam proses rekrutmen pemimpin politik seperti aspek integritas, motivasi untuk mengabdi, melayani harus menjadi kriteria utama dalam mencari pemimpin.

"Kasus e-KTP harus menjadi momentum bagi perbaikan tata kelola negara, perilaku pejabat publik, perilaku pemimpin politik," tandasnya.[hpy]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Sudirman: Akhirnya Novanto Kena Juga : http://ini.la/2423450

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Sudirman: Akhirnya Novanto Kena Juga"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.