Search

Terpopuler - Otto: Saya Punya Integritas

INILAHCOM, Jakarta - Pengacara senior, Otto Hasibuan ingin tetap menjaga integritasnya sebagai penasehat hukum sehingga memilih mundur dari tim kuasa hukum Setya Novanto yang sedang terjerat kasus dugaan korupsi proyek e-KTP di KPK.

"Bagaimana pun saya kan punya integritas, saya adalah profesi advokat yang bebas dan mandiri menentukan kehendak saya tentunya kan," kata Otto kepada INILAHCOM, Jumat (8/12/2017).

Menurut dia, sebagai pengacara tentunya tidak bisa dipengaruhi oleh apapun sehingga memiliki hak untuk menentukan tak melanjutkan membela Ketua DPR RI sekaligus Ketua Umum Partai Golkar itu yang sedang terseret kasus dugaan korupsi e-KTP.

"Jadi itu lah sebabnya saya lebih memilih untuk mundur," ujarnya.

Untuk diketahui, Otto Hasibuan mengundurkan diri dari tim kuasa hukum Ketua DPR RI Setya Novanto dalam penanganan perkara dugaan korupsi pengadaan KTP elektronik atau e-KTP.

"Jadi terhitung kemarin berlaku hari ini (Jumat 8 Desember 2017), maka saya tidak menjadi kuasa hukum Setya Novanto lagi, dengan resmi saya mengundurkan diri sebagai kuasa hukum beliau," kata Otto.

Surat pengunduran dirinya langsung diserahkan kepada KPK. Alasan dia mundur dari tim kuasa hukum karena belum adanya kesepakatan.

"Sehingga kalau tidak ada kesepakatan yang pasti dan jelas tentang suatu perkara tata caranya, maka itu dapat menjadi kerugian bagi dia dan saya," ujar dia.

Novanto ditetapkan sebagai tersangka setelah diduga ikut merugikan negara sebesar Rp 2,3 triliun dalam proyek KTP-el. Menurut KPK, Novanto berperan dalam pemberian suap terkait proses penganggaran proyek KTP-el di DPR RI, untuk tahun anggaran 2011-2013.

Selain itu, Novanto juga berperan dalam mengarahkan dan memenangkan Konsorsium PNRI menjadi pelaksana proyek pengadaan KTP-el.

Setya Novanto juga diduga mengatur supaya anggaran proyek e-KTP senilai Rp 5,9 triliun disetujui oleh anggota DPR. Selain itu, ia juga diduga mengondisikan pemenang lelang dalam proyek e-KTP sewaktu menjabat Ketua Fraksi Golkar di DPR.[ris]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Otto: Saya Punya Integritas : http://ini.la/2423338

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Otto: Saya Punya Integritas"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.