Search

Terpopuler - Kesimpulan Keseluruhan Ilmu itu Apa?

SUATU hari, ada seorang lelaki menulis surat kepada salah seorang sahabat besar bernama Abdullah bin Umar (putera Umar ibn Khattab). Bunyi suratnya pendek tapi berkelas: "Tuliskan kepadaku keseluruhan ilmu."

Andai saja surat pendek itu ditujukan kepada saya, pastilah geleng kepala sambil berkata pelan "apa maunya penulis surat ini, belajarlah sendiri dari sekolah tingkat terbawah sampai sekolah tingkat tertinggi, dan sambung lagi dengan ikut pengajian sebanyak mungkin. Lebih dari itu, siapa sih yang mengetahui keseluruhan ilmu. Google saja tidak mungkin bisa menjawab."

Ternyata Abdullah bin Umar menjawab surat itu dengan jawaban yang tidak lebih dari seperempat bagian dari satu halaman kertas biasa, namun dianggapnya sebagai ringkasan dari keseluruhan ilmu. Luar biasa, bukan?

Saya memohon kepada para pembaca tulisan saya ini agar jangan berhenti sekolah atau berhenti mengaji setelah tahu ringkasan ilmu berikut. Saya khawatir ada yang kemudian merasa mendapatkan keseluruhan ilmu versi Abdullah bin Umar berikut ini. Versi lainnya masih banyak.

Abdullah bin Umar menulis begini: "Ilmu itu banyak. Tetapi jika Anda mampu nantinya bertemu dengan Allah dengan punggungmu yang ringan dari hak-hak hidup orang lain (yang belum tertunaikan), perut yang kosong dari harta-harta orang lain, lisan yang menjaga kehormatan orang-orang lain, dan kesetiaan untuk senantiasa memperhatikan dan membantu urusan-urusan orang-orang lain, lakukanlah. Wassalam."

Demikian uraian Abdullah bin Umar. Ilmu bukanlah banyaknya hapalan materi kajian dan pengajian. Ilmu itu adalah masalah bukti kemanfaatan dalam hidup. Jadi pembuktian ilmu itu adalah akhlak, etika, kesalehan sosial atau makna hidup bagi yang lain. Mari kita cek tingkat keilmuan kita melalui ukuran ini. Semoga manfaat. Salam, AIM. [*]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Kesimpulan Keseluruhan Ilmu itu Apa? : http://ift.tt/2HxNkLE

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Kesimpulan Keseluruhan Ilmu itu Apa?"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.