Search

Terpopuler - BI Nilai Ekonomi Global dalam Tren Positif

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menilai tahun ini pertumbuhan ekonomi global akan tumbuh positif dengan diikuti membaiknya harga komoditas global, dampaknya tentu baik bagi ekonomi nasional.

"Pertumbuhan ekonomi global 2018 diperkirakan meningkat dan diikuti dengan kenaikan harga komoditas dunia," kata Agus di Kantornya, Kamis (15/2/2018).

Agus menilai angka pertumbuhan ekonomi global bakal tumbuh dikisaran 3%, dengan ditopangnya perbaikan ekonomi negara maju dan negara berkembang yang lebih kuat dari perkiraan semula.

"Di negara maju, pertumbuhan ekonomi AS diprakirakan meningkat ditopang oleh investasi dan konsumsi yang menguat seiring optimisme terhadap reformasi pajak di AS," kata Agus.

Tak hanya itu, sejalan dengan perkembangan tersebut, suku bunga Fed Fund Rate (FFR) diprakirakan akan kembali meningkat disertai dengan penurunan besaran neraca bank sentral untuk merespons ekspektasi inflasi yang akan meningkat di kisaran targetnya.

"Ekonomi Eropa juga diprakirakan tumbuh lebih baik, didukung oleh perbaikan ekspor dan konsumsi serta kebijakan moneter yang akomodatif," katanya.

Selain itu, Agus menambahkan bahwa pertumbuhan ekonomi Jepang juga direvisi ke atas sejalan dengan perkembangan ekspor yang kuat, implementasi insentif perpajakan untuk perusahaan, dan kebijakan moneter yang masih akomodatif.

Sementara itu di negara berkembang, pertumbuhan ekonomi Tiongkok diprakirakan tetap tumbuh tinggi terutama didorong oleh ekspor seiring peningkatan permintaan, khususnya dari negara maju.

Ekonomi India diprakirakan mulai pulih seiring dengan hilangnya dampak demonetisasi dan penerapan sistem pajak baru. Prospek pemulihan ekonomi global yang membaik tersebut akan meningkatkan volume perdagangan dunia dan harga komoditas global, termasuk minyak, pada 2018. [hid]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - BI Nilai Ekonomi Global dalam Tren Positif : http://ift.tt/2C2996M

Bagikan Berita Ini

1 Response to "Terpopuler - BI Nilai Ekonomi Global dalam Tren Positif"

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.