Search

Terpopuler - PAN Mestinya Malu Kadernya Dicalonkan Orang Lain

INILAHCOM, Jakarta - Hasil dari Pilkada secara serentak, telah memberikan gambaran politik pilpres 2019. Banyak pengamat yang melihat suara Partai Gerindra tidak bergeser dari basis kemenangan nya di 2019.

Dalam paparannya Abi Rekso selaku salah satu Peneliti Indonesian Watch for Democracy (IWD) menilai suara Gerindra tidak tergerus dalam Pilkada kemarin.

"Ambil salah satu sampel Pilkada Jabar, jika Gerindra, PKS bisa meyakinkan PAN mungkin bukan Ridwan Kamil yang tampil sebagai pemenang," imbuh Abi Rekso.

Dalam perhitungannya, Abi melihat posisi PAN masih sangat strategis untuk digandeng oleh Gerindra dan PKS. Lebih-lebih PAN yang menang dalam Pilwakot dan PilBub adalah kader yang dekat secara emosional pada Amien Rais dan Hatta Rajasa.

"Gerakan non-partai yang berbasis Islam sudah mendaulat Amien Rais sebagai pimpinannya. Harusnya PAN bercermin, jika sampai hari ini belum mengusung Amien Rais. Jika tak mau kehilangan suara Muhammadiyah," tukas Abi Rekso.

Dirinya mengingatkan, PAN untuk bercermin dan menghargai kerja-kerja Amien Rais dalam suksesi Pilkada. Amien Rais orang yang seharusnya PAN usung sebagai pemimpin umat dan rakyat.

Ketika ditanya awak media, kenapa dirinya kukuh mendorong Amien Rais, bukan Zulkifli Hasan atau Hatta Rajasa.

Abi Rekso menjelaskan prihal pengaruh Amien Rais di kalangan simpatisan PAN. Jika Hatta Rajasa sudah terbukti gagal, jadi tidak perlu diusung kembali.

Kemudian Zulkifli Hasan dianggap tidak mendapat dukungan penuh dari eksponen loyalis Hatta Rajasa. Jika Zulkifli gagal, maka resiko PAN bubar juga akan besar. PAN akan tergerus dari dalam. Karena gagalnya konsolidasi internal.

Hanya Amien Rais yang bisa mengandeng kedua kelompok itu. Selain Amien Rais adalah pendiri, dia sosok yang di panuti dalam kalangan PAN dan Muhammadiyah.

"PAN mestinya Malu, tokoh sentral dan kader terbaik partai mereka di usung lebih dulu oleh kelompok lain. Muhammad Amien Rais (MAR) orang paling kuat hadapi jokowi. PAN harus segera deklarasikan MAR, jika tidak, takut kualat di jauhi ummat," tutup Abi Rekso. [wll]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - PAN Mestinya Malu Kadernya Dicalonkan Orang Lain : https://ift.tt/2tGeyub

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - PAN Mestinya Malu Kadernya Dicalonkan Orang Lain"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.