Search

Terpopuler - Mengatakan dan Mengamalkan

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Semoga Allah Yang Maha Mengetahui segala yang nampak dan tersembunyi, menggolongkan kita sebagai orang-orang yang istiqomah dalam ikhtiar meluruskan niat. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Allah Swt berfirman, "Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan." (QS. Ash Shoff [61] : 2-3)

Saudaraku, ada orang yang tahu bahwa sholat itu kewajiban, tahu keutamaan sholat berjamaah di awal waktu, tahu keutamaan sholat sunnah rawatib, akan tetapi tidak melaksanakannya meski sebenarnya dia bisa melakukannya. Ada juga orang yang gemar memberikan nasehat-nasehat kebaikan kepada orang lain, mengajak orang lain untuk beramal sholeh, tapi dirinya sendiri lalai. Maasyaa Allah. Dalam ayat tersebut di atas disebutkan bahwa Allah tidak suka pada orang yang demikian.

Mengapa orang bisa seperti itu? Biasanya karena salah dalam niatnya. Ketika mempelajari suatu ilmu, bukan karena lillaahi taala menjadi orang yang berilmu, tapi supaya bisa mendebat orang lain sehingga terlihat pintar. Ketika hadir di masjlis talim, bukan karena mengejar ilmu, tapi karena gengsi dan ingin terlihat sholeh/sholehah. Ketika menyampaikan kebaikan, bukan karena lillahi taala saling menasehati, tapi karena ingin dipandang sebagai orang yang alim dan bijaksana.

Jika orang sudah salah dalam niatnya seperti ini, maka nilai-nilai sebagus apapun tidak akan menyerap dalam dirinya. Karena ia sibuk dalam urusan cangkang, bukan urusan isi. Sibuk memoles lisan, tapi abai dalam amal perbuatan.

Semoga Allah Swt senantiasa memberi kita kekuatan sehingga kita termasuk hamba-hamba-Nya yang mengatakan kebaikan dan kebenaran sekaligus ikhtiar terus untuk mengamalkannya. Aamiin yaa Robbalaalamiin. [smstauhiid]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Mengatakan dan Mengamalkan : https://ift.tt/2Mt7g59

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Mengatakan dan Mengamalkan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.