Search

Terpopuler - Inilah Infrastruktur Pendukung Bandara Baru Jogja

INILAHCOM, Yogyakarta - Kementerian PUPR mendukung pembangunan infrastruktur jalan yang menuju bandara NYIA Yogyakarta dengan panjang jalan akses menuju bandara tersebut sekitar 1.300 meter.

Pembangunan tersebut dengan nilai Owner Estimate Rp311,85 miliar dari dana Tahun Anggaran 2018 sebesar Rp75 miliar dan dari dana Tahun Anggaran 2019 sebesar 236,85 miliar. Selain itu dari dana pembangunan underpass NYIA menggunakan dana SBSN.

Demikian penjelasan Direktur Jembatan, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Iwan Zarkasi saat mendampingi Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja (Kunker) Spesifik dalam rangka meninjau progres pembangunan Bandara NYIA (New Yogyakarta International Airport) di Yogyakarta, seperti mengutip dari laman resmi Kementerian PUPR.

Anggota Komis V DPR RI, Sigit Sosiantomo ingin memastikan proses pembangunan dan infrastruktur pendukung NYIA yang sudah dilakukan Ground breaking oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 7 Januari 2017 lalu. Sehingga nantinya akan memberikan kemudahan dalam mobilitas penumpang dan logistik untuk kebutuhan masyarakat Jogja.

Sementara Direktur Jembatan, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Iwan Zarkasi mengatakan diperlukan kebutuhan infrastruktur jalan yang memadai untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas dari dan juga menuju bandara.

"Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) merupakan jalur yang digunakan sebagai jalan akses bandara terkena dampak pembangunan bandara, maka kami sedang melakukan kajian dalam menentukan rute alternatif JJLS bagi masyarakat yang melewatinya," kata Iwan.

Sementara itu, Kepala BBPJN VII, Achmad Herry Marzuki menambahkan, untuk mendukung operasional terbatas tahun 2019, rencananya akan dilakukan peningkatan ruas Jalan Sindutan-Congot sepanjang 0,55km serta Jalan Demen-Glagah sepanjang 2,60km sebagai pengalihan dari JJLS. "Ruas jalan tersebut nantinya bisa digunakan saat bandara mulai beroperasi di tahun 2019," ujar Herry.

Bandara NYIA yang akan beroperasi sekitar akhir April 2019, merupakan bandara yang terletak di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Luas terminalnya mencapai 180.000 meter persegi. Progres pembebasan lahan hingga saat ini pada inlet/outlet underpass masih dalam penyelesaian.

Nantinya sesuai dengan luasan lahan tersebut, Bandara NYIA mampu menampung 21 pesawat domestik dan 2 pesawat internasional untuk parkir. Sementara itu, meskipun belum 100 persen selesai, bandara NYIA ini dirancang agar mampu melayani lalu lintas 14 juta penumpang dalam satu tahun pada tahap awal pembangunan.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Inilah Infrastruktur Pendukung Bandara Baru Jogja : https://ift.tt/2OibEDq

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Inilah Infrastruktur Pendukung Bandara Baru Jogja"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.