Search

Terpopuler - Haedar: Jangan Cinta Tanah Air Berlebihan

INILAHCOM, Jakarta - Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir beberapa waktu terakhir kerap menuliskan pendapatnya tentang rasa cinta tanah air yang berlebihan. Haedar menuliskan buah pikirannya tersebut melalui akun twitternya @HaedarNs.

Pada Minggu (28/10) lalu, Haedar menuliskan, jika rasa nasionalisme yang berlebihan tersebut salah kelola, maka dapat menimbulkan dampak negatif, seperti yang pernah terjadi pada Perang Dunia I dan II.

Masih didalam cuitannya, Haedar mengatakan, jika rasa cinta tersebut
mengandung cemburu buta dan kehilangan rasionalitas, maka akan memandang orang lain sebagai ancaman dan musuh negara hanya karena berbeda ekspresi cinta kepada Indonesia.

Bahkan Haedar mengingatkan hal tersebut juga tertuang didalam Al-Qur'an surah at-Taubah Ayat 24. Haedar menilai akan sangat rugi jika ada umat Islam nekat dengan meluruhkan iman yang jernih dan mengoyak keutuhan ukhuwah dengan saudara seiman demi cinta Tanah Air yang berlebihan. Padahal lanjut dia, Islam mengajarkan, sebaik-baik urusan yaitu yang bersifat tengahan.

Menanggapi cuitan Haedar, para warganet pun berspekulasi bahwa cuitan tersebut berkaitan dengan aksi oknum ormas Banser yang beberapa waktu lalu membakar bendera bertuliskan kalimat tauhid. Seperti akun Sardiridwan78.

Meski begitu, ada pula warganet yang menyarankan agar Haedar berdiri di tengah dan tidak memihak kelompok manapun. Seperti saran dari akun dibawah ini.

Dari sekian banyak komentar akan cuitannya, Haedar pun tidak mengamini apakah cuitannya tersebut dimaksudkan terkait insiden pembakaran bendera berkalimat tauhid, ataupun berkaitan dengan insiden lainnya seperti pengusiran sejumlah ulama maupun pelarangan pengajian diberbagai daerah. [fad]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Haedar: Jangan Cinta Tanah Air Berlebihan : https://ift.tt/2JtzlrJ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Haedar: Jangan Cinta Tanah Air Berlebihan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.