Search

Terpopuler - Bertuhanlah Allah, Jangan Bertuhankan Manusia

ADA kalimat bijak yang diabadikan sejarah yang menarik untuk dijadikan bahan renungan demi menghindari dan menghapus derita yang datang dari omongan orang lain. Kalimatnya simpel: "Upaya untuk menggapai senangnya semua manusia kepada kita adalah upaya yang tak akan membuahkan hasil."

Benar bahwa ada keinginan wajar setiap manusia untuk dicinta dan disayang manusia. Benar bahwa kita ini ingin disuka setiap orang. Namun faktanya adalah bahwa selalu saja ada orang yang tidak senang atau tidak suka kepada kita. Janganlah gelisah, jalani saja.

Kalaulah kita ini orang yang dicinta dan dipuji banyak orang, pastilah di sana ada orang yang membenci dan menghina kita. Kalaulah kita itu sudah meraih sukses, pastilah ada orang yang mengecilkan makna kesuksesan kita. Kalaulah kita itu sudah benar-benar berusaha taat dan bertakwa, pastilah ada orang yang mencari aib kita dan menyebarkannya.

Kalau kita bertuhan kepada manusia, mengharap penilaian dan pujian dari mereka, maka kita akan selalu resah, gelisah dan kecewa. Dan kalaulah kita bertuhankan Allah, maka resah, gelisah dan kecewa itu musnah seiring dengan satu-satunya harapan kita adalah pujian dan ridla Allah.

Masihkah berharap pujian dari semua orang? Tak usahlah. Kalaulah ada yang membenci dan menghina kita, anggaplah itu semua sebagai cerita sinetron dalam kehidupan nyata kita. Tonton saja dengan senyuman dan ucapkan: "Kalau hinaanmu kepadaku itu benar maka semoga Allah mengampuniku. Kalau hinaanmu kepadaku salah maka semoga Allah mengampunimu." Salam, AIM. [*]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Bertuhanlah Allah, Jangan Bertuhankan Manusia : https://ift.tt/2R7ISY1

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Bertuhanlah Allah, Jangan Bertuhankan Manusia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.