Search

Terpopuler - Tiada Kemuliaan Tanpa Tawadhu

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Semoga Allah Yang Maha Kuasa atas segala kejadian, menggolongkan kita sebagai orang-orang yang berhati bersih dan berderajat tinggi di hadapan-Nya. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda Nabi Muhammad Saw.

Rasulullah Saw bersabda,"Sedekah tidaklah mengurangi harta. Tidaklah Allah menambahkan kepada seorang hamba sifat pemaaf melainkan akan semakin memuliakan dirinya. Dan juga tidaklah seseorang memiliki sifat tawadhu (rendah hati) karena Allah melainkan Allah akan meninggikannya."(HR. Muslim)

Tawadhu adalah sifat para nabi dan rasul. Tawadhu atau rendah hati bukanlah wujud kelemahan seseorang, melainkan justru bukti kekuatan. Seseorang yang memiliki ketawadhuan sama sekali tidak menjadikan dirinya rendah dan lemah. Seorang yang pemaaf adalah hakikatnya adalah sosok yang memiliki kekuatan besar di dalam dirinya sehingga ia bisa mengalahkan bisikan syaitan yang mengajaknya untuk marah dan dendam. Seorang yang hidup secara sederhana padahal ia mampu untuk bermewah-mewahan justru adalah orang yang hakikatnya kaya raya, karena ia memiliki kekayaan hati yang menghindarkannya dari kemubadziran.

Lihatlah sosok manusia paling mulia, kekasih Allah Swt, Nabi Muhammad Saw. Beliau adalah sosok pemaaf yang ketika pribadinya dihina dan disakiti seperti apapun, beliau senantiasa memaafkan dan mendoakan pelakunya supaya bertaubat dan mendapat hidayah. Beliau tinggal di rumah yang sederhana padahal posisinya lebih agung dari para kaisar dan raja. Beliau menjahit sendiri sandalnya dan tak pernah segan membantu pekerjaan istrinya di rumah.Maasyaa Allah.

Demikianlah ciri dari pribadi yang mulia sejati. Pribadi tawadhu, mulia tanpa meminta dimuliakan, terhormat tanpa meminta untuk dihormati, karena Allah Swt yang memuliakannya di hadapan makhluk-makhluk-Nya.

Imam Asy Syafii ra. pernah menasehatkan,"Orang yang paling tinggi kedudukannya adalah orang yang tidak pernah menampakkan kedudukannya. Dan orang yang paling mulia adalah orang yang tidak pernah menampakkan kemuliannya."

Saudaraku, semoga kita tergolong orang-orang yang meneladani Rasulullah Saw sebagai pribadi yang tawadhu. Sehingga kelak di akhirat, Allah Swt menempatkan kita di tempat orang-orang yang Allah tinggikan derajatnya.Aamiin yaa Robbalaalamiin. [smstauhiid]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Tiada Kemuliaan Tanpa Tawadhu : http://ini.la/2413903

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Tiada Kemuliaan Tanpa Tawadhu"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.