Search

Terpopuler - FPKS Tegaskan Konsisten Tolak Perppu Ormas

INILAHCOM, Jakarta - Fraksi PKS konsisten menolak pengesahan Perppu Ormas pada rapat paripurna yang digelar hari ini di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPR, Selasa (24/10/2017). Sebab, Perppu Ormas yang disahkan menjadi Undang-undang secara substansial bermasalah.

"Kami sejak awal keluarnya Perppu Ormas memberikan catatan kritis serta aktif menerima aspirasi ormas dan LSM. Terakhir di Komisi II juga kami tidak setuju Perppu Ormas disahkan jadi Undang-Undang," kata Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini.

Menurut dia, Perppu Ormas ini menjadikan pemerintah satu-satunya pihak yang menentukan satu ormas layak dibubarkan tanpa melalui proses peradilan. Seperti diatur dalam UU No.17 Tahun 2013 tentang Ormas yang dianulirnya.

"Menurut kajian kami dan pandangan mayoritas pakar serta aktivis ormas, bagian ini yang paling bermasalah karena membuka pintu kesewenangan karena pembubaran ormas tidak (due process of law)," ujarnya.

Selain itu, kata Jazuli, sejumlah pasal terutama kriteria pelanggaran/larangan ormas dinilai ambigu dan pasal karet yang bisa ditafsirkan sepihak dan sewenang-wenang. Ada lagi tentang pemberatan pidana yang menyimpangi KUHP sehingga mengancam kebebasan dan demokrasi yang dijamin konstitusi.

"Hak konstitusional warga negara dan demokrasi inilah yang ingin kami jaga. Selain itu, tujuan Fraksi PKS dan Fraksi-Fraksi yang menolak Perppu justru baik bagi Pemerintah karena menjaganya agar tidak jatuh pada kesewenangan dan sikap otoriter yang pasti dimusuhi rakyat," tambahnya. [ton]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - FPKS Tegaskan Konsisten Tolak Perppu Ormas : http://ini.la/2413444

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - FPKS Tegaskan Konsisten Tolak Perppu Ormas"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.