Search

Terpopuler - Gempa Kuat Magnitudo 8.0 Guncang Peru

INILAHCOM, Lima - Sebuah gempa kuat dengan magnitudo 8.0 dilaporkan mengguncang Peru pada Minggu (26/5/2019). Gempa ini terjadi pada pukul 07.41 waktu setempat atau sekitar 14.41 WIB.

Menurut data Badan Geologi AS (USGS), pusat gempa tersebut berada di darat, sekitar 75,6 km wilayah Laguna, Loreto, Peru. Sedangkan kedalaman gempa tercatat pada 109,9 km, otoritas lokal menyebutnya 'kedalaman menengah', dan dirasakan hingga ibu kota Lima.

"Beberapa kerusakan dan korban mungkin terjadi. Sementara dampaknya hanya dirasakan di sekitar lokasi gempa," terang USGS dalam pernyataan awal, seperti dikutip Al Jazeera.

Adapun Institut Geofisika Peru sebagaimana diberitakan AFP menyatakan, gempa dirasakan selama dua menit dengan magnitudo-nya dinaikkan menjadi 7.5 dari semula 7.2.

Hingga saat ini, belum dilaporkan adanya korban jiwa.

"Gempa dengan kedalaman ini biasanya hanya memberi kerusakan kecil di permukaan. Namun bisa dirasakan di luar episentrumnya," kata USGS.

Presiden Martin Vizcarra dalam cuitannya di Twitter meminta warganya untuk tetap tenang. "Saat ini, kami tengah menganalisis area yang terdampak," terang dia.

Laporan awal di televisi lokal menyatakan terdapat kerusakan di bangunan Kota Yurimaguas yang letaknya dekat dengan pusat gempa. Namun, hingga saat ini belum ditemukan korban.

Pacific Tsunami Warning Center menerangkan, mereka tidak memasang status tsunami pada gempa yang terjadi karena letaknya terlalu dalam di Bumi.

Gempa ini merupakan gempa tektonik di wilayah lempeng Nazca yang memanjang lebih dari 7.000 km dari lepas pantai Chile selatan hingga lepas pantai selatan Panama.

Peru berada di wilayah yang disebut Cincin Api Pasifik. Di mana mayoritas aktivitas seismik Bumi berada.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Gempa Kuat Magnitudo 8.0 Guncang Peru : http://bit.ly/2EvuEfB

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Gempa Kuat Magnitudo 8.0 Guncang Peru"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.