Search

Terpopuler - Revisi PoD Blok IDD Dipastikan Segera Selesai

INILAHCOM, Jakarta - Revisi rencana pengembangan Plan of Development (PoD) pada blok Indonesia Deepwater Development (IDD) atau pengembangan migas laut dalam oleh Chevron sudah memasuki tahap akhir.

Demikian disampaikan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Archandra Tahar. Menurut dia, salah satu keputusan yang akan diambil dari revisi itu adalah menjadikan lapangan West Seno menjadi bagian dari blok Rapak atau lepas dari blok Makassar Strait.

Dengan begitu, kaa dia, pemerintah akan menyiapkan revisi untuk kontrak blok Rapak. "IDD sudah tahap akhir sudah kita evaluasi, west seno masuk IDD juga. Sedang dievaluasi, sedikit lagi, ada beberapa lagi yang diklarifikasi. West seno masuk Bangka, Bangka kan bagian dari blok Rapak," kata Arcandra pada awak media di Kementerian ESDM, Jakarta selasa (29/1/2019).

Diketahui ada tiga Production Sharing Contract (PSC) yang menjadi bagian dari proyek IDD. Antara lain, blok Makassar Strait, terdiri dari lapangan Gendalo, Maha dan West Seno; blok Ganal dari lapangan Gendalo, Gahang dan Gehem; dan blok Rapak yang memiliki lapangan Gehem dan Bangka.

Arcandra menjelaskan akan ada penurunan biaya pengembangan dengan tidak lagi diikutsertakannya Makassar Strait dalam proyek IDD.

Pada tahun 2014 Chevron sempat menyampaikan biaya pengembangan yang dibutuhkan mencapai US$ 18 miliar.

Namun ia belum bisa pastikan berapa besar biaya yang akhirnya dibutuhkan setelah blok Makassat Strait tidak diikut sertakan. "Kita lihat cost mana yang dimasukin, komponennya kan banyak, cost of sell nya, pajaknya, harus dibandingan," ujar dia.

Arcandra menjanjikan persetujuan dan amandemen PSC bisa rampung pada kuartal pertama tahun ini.

Sementara untuk Blok Makassar Strait sendiri nantinya akan kembali dilelang oleh pemerintah. Salah satu alasan pemerintah menjadikan West Seno sebagai bagian dari blok Rapak agar Chevron juga menanggung biaya pemulihan pasca operasi atau Abandonment Site Restoration (ASR).[jat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Revisi PoD Blok IDD Dipastikan Segera Selesai : http://bit.ly/2RXKd8Q

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Revisi PoD Blok IDD Dipastikan Segera Selesai"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.