Search

Terpopuler - Pacu Kualitas SDM, MMKSI Gelar Kontes Nasional

INILAHCOM, Jakarta - Seiring semakin baiknya penerimaan masyarakat Indonesia terhadap produk dan brand Mitsubishi Motors, maka PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pun terus berusaha untuk meningkatkan kualitas layanan guna memuaskan para pelanggan.

Program dan praktik yang terlaksana dalam keseharian proses bisnis tentu menjadi faktor penting dalam pengalaman, penilaian serta presepsi yang baik dari pelanggan terhadap Mitsubishi Motors di Indonesia.

Tak berhenti disitu, MMKSI terus mengembangkan potensi dan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan mengadakan National Contest bagi seluruh lapisan tenaga kerja di diler Mitsubishi Motors seluruh Indonesia, sebagai garda terdepan yang langsung melayani pelanggan.

Mengusung tema 'Ambition to Reach the Top', National Contest 2018 memacu SDM dari diler Mitsubishi Motors di seluruh Indonesia agar dapat melampaui batas mereka dalam memberikan pelayanan terbaik kepada semua pelanggan. Ambisi ini pun sejalan dengan tagline Mitsubishi Motors, yaitu 'Drive Your Ambition'.

Kontes ini akan digelar secara rutin tiap tahun untuk menguji kemampuan para tenaga diler Mitsubishi Motors, yang meliputi unsur layanan penjualan, after sales service dan customer satisfaction.

Kontes ini diadakan dalam beberapa tahap seleksi selama tahun 2018, dan puncaknya adalah Final National Contest pada tanggal 15-16 Januari 2019.

National Contest 2018 merupakan kontes pertama yang diadakan oleh MMKSI sejak perusahaan ini berdiri, terpisah dari PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB).

Adapun kategori yang dilombakan pada kontes ini adalah sebagai berikut:

A. Sales Appraisal Program

Dari sisi layanan penjualan, kategori Sales Appraisal Program (SAP) dalam kontes nasional menjadi agenda tahunan MMKSI untuk memotivasi tenaga penjual mulai dari level Sales Force, Sales Supervisor, dan Sales Manager untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas penjualan, memberikan kepuasan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan Mitsubishi Motors.

Poin-poin yang dievaluasi dalam kategori SAP untuk tenaga penjual meliputi produktivitas penjualan seorang sales force yang didukung oleh pengetahuan produk yang baik, dan memiliki kemampuan berkomunikasi dalam menjelaskan produk serta memberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh pelanggan Mitsubishi Motors.

Sedangkan untuk level Sales Supervisor dan Sales Manager aspek evaluasi lebih difokuskan pada kepemimpinan di dalam tim (Team Leadership) serta pencapaian target penjualan (Target Achievement).

Yang menarik di SAP tahun 2018 ini adalah beberapa tahapan tes sudah menggunakan teknologi e-Learning di mana topik besarnya adalah Mitsubishi Xpander.

B. After Sales Contest

Pada kategori after sales, kontes juga diadakan tiap tahun dengan tujuan untuk memotivasi tenaga kerja after sales untuk meningkatkan kemampuan dalam pelayanan sehingga kepuasan pelanggan dalam melakukan aktifitas servis dapat tercapai.

Kontes after sales dibagi menjadi tiga kategori, yakni Technician Contest (diperuntukkan untuk Mekanik Senior), Service Advisor Contest ( ditujukan bagi Service Advisor) dan Periodical Maintenance Contest (diperuntukan bagi mekanik junior di diler resmi Mitsubishi Motors).

Nilai yang dievaluasi pada kontes after sales ini juga dibagi menurut tugas masing-masing.

Bagi kontes mekanik atau teknisi mereka harus memiliki keterampilan dan kemampuan dalam menangani servis kendaraan penumpang di diler, sehingga mampu menangani permasalahan yang ada dengan cepat dan sesuai dengan prosedur workshop manual yang ada, juga mampu mempergunakan alat ukur dan 'MUT III', yang merupakan mesin scanner pada diler resmi Mitsubishi Motors.

Kontes Service Advisor yang ditujukan bagi service advisor, diharuskan memiliki keterampilan dan kemampuan dalam melakukan proses penerimaan hingga penyerahan kendaraan saat pelanggan melakukan servis di diler.

Dalam proses penerimaan pelanggan ini, seorang service advisor harus menerapkan 7 Step Procedure, yang meliputi kemampuan teknik pelayanan dan konsultan permasalahan pada kendaraan penumpang, dan memiliki jiwa Cross Selling dalam menawarkan produk perawatan kendaraan.

Sehingga pelanggan mendapatkan informasi yang tepat terhadap perawatan kendaraan pada diler resmi Mitsubishi Motors.

Yang terakhir untuk kontes Periodical Maintenance, peserta diwajibkan untuk memiliki keterampilan dan kemampuan dalam melakukan proses perawatan berkala pada kendaraan penumpang (periodical maintenance) yang sesuai dengan service booklet, flatrate, dan workshop manual.

Dalam kontes ini yang diharapkan adalah kecepatan kerja serta kualitas yang maksimal dan sesuai dengan standar kerja pada diler resmi Mitsubishi Motors.

C. Customer Satisfaction Officer(CSO) PDCA Contest

CSO PDCA Contest ditujukan bagi Customer Satisfaction Officer (CSO) dengan tujuan untuk meningkatkan standar pelayanan di diler melalui CSO yang bertindak sebagai agen perubahan.

Kontes CSO menggunakan konsep Kaizen (PDCA/ Plan Do Check Action), yaitu penerapan evaluasi dan perbaikan secara terus-menerus.

Pada penerapannya dalam perusahaan, konsep Kaizen mencakup pengertian perbaikan berkesinambungan yang melibatkan seluruh pekerjanya, dari manajemen tingkat atas sampai manajemen tingkat bawah.

Dalam kontes ini, CSO bertanggung jawab untuk membuat analisa dan rencana perbaikan di diler berdasarkan feedback dari pelanggan, menjalankan program tersebut, melaporkan dan mengevaluasi hasil perbaikan yang sudah dijalankan.

Nantinya tujuan akhir dari kontes CSO ini adalah untuk memperbaiki Standard Operating Procedure (SOP) di diler sehingga dapat meningkatkan produktifitas diler yang berujung pada peningkatan kualitas layanan diler secara berkelanjutan sehingga angka kepuasan pelanggan terhadap pelayanan diler turut meningkat.

Adapun poin evaluasi dalam CSO Contest ini meliputi Kemampuan Analisa yang Baik, Kemampuan Membuat Rencana Perbaikan, Dampak Perbaikan, Kemampuan Berkoordinasi dengan Bagian Terkait di Diler, Output Standarisasi dari Hasil Program Perbaikan, dan Kemampuan Presentasi

"National Contest untuk tenaga sales, aftersales dan CSO Mitsubishi Motors merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan MMKSI dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas layanan dari garda depan diler yang dibangun dengan semangat kompetisi," kata Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division MMKSI.

"Dengan kontes ini diharapkan seluruh lini tenaga diler dapat bekerja sama berkompetisi dalam memberikan layanan terbaik dan tingkat kepuasan yang tinggi bagi pelanggan setia produk Mitsubishi Motors di Indonesia," imbuhnya.

Seluruh proses kontes dan penjurian peserta telah dilakukan pada dua hari pelaksanaannya. Nama pemenang telah di umumkan pada akhir sesi kontes dan pemenang pada tiap kategori telah menerima hadiah yang diserahkan secara simbolik oleh manajemen MMKSI

Para pemenang Sales Appraisal Program menerima hadiah berupa piala dan wisata ke Belanda, pemenang After Sales Contest mendapatkan hadiah berupa piala bergilir, medali, dan wisata ke Jepang.

Sedangkan CSO PDCA Contest mendapatkan hadiah berupa piala, wisata ke Jepang, dan ditambah peralatan pendukung operasional CSO di diler.

- Daftar Pemenang Sales Appraisal Program:

Sales Force
Juara 1: Intan Riyan Sari dari diler PT Suryaputra Sarana - Bandung
Juara 2: Satrio Habibie dari diler PT Sardana Indahberlian Motor- Medan
Juara 3: Melati Rizkyah Amanah dari diler PT Sun Star Motor - Surakarta

Sales Supervisor
Juara 1: Rudi Halim dari diler PT Bumen Redja Abadi Jakarta Selatan
Juara 2: Kusniaty dari diler PT Sardana Indahberlian Motor- Medan
Juara 3: Restu Dian Andriana dari diler PT Sun Star Motor - Surakarta

Sales Manager
Juara 1: Wawan Gunawan dari diler PT Mandau Berlian Sejati - Balikpapan
Juara 2: Yanuar Bambang dari diler PT Wicaksana Berlian Motor - Bandung
Juara 3: Ermayuni dari diler PT Pekanperkasa Berlian Motor - Pekanbaru

- Daftar Pemenang After Sales Contest:

Technician Contest
Juara 1: Chandra Halim dari diler PT Sumber Berlian Motors - Banjarmasin
Juara 2: Handiyana dari diler PT Ciwangi Berlian Motors Jakarta Selatan
Juara 3: Riski Kurniawan S dari diler PT Bumen Redja Abadi - Sidoarjo

Service Advisor Contest
Juara 1: Wendi Suryadi dari diler PT Dahana Berlian Motor - Tasikmalaya
Juara 2: Ari Irwanto dari diler PT Sun Star Motor - Surabaya
Juara 3: Sandy Prasetyo dari diler PT Lautan Berlian Utama Motor Bengkulu

Periodical Maintenance Contest
Juara 1: A. Supriyanto dari diler PT Suryaputra Sarana - Bandung
Juara 2: Iwan Aris S.U dari diler PT Bumen Redja Abadi - Semarang
Juara 3: Elisa Sijabat dari diler PT Nusantara Berlian Motor - Medan

- Daftar Pemenang Customer Satisfaction Officer (CSO) PDCA Contest

Juara 1: Nanni Dewi dari diler PT. Sun Star Motor - Surabaya
Juara 2: Herliyanti dari diler PT. Bosowa Berlian Motor Makassar
Juara 3: Tita Hernita dari diler PT. Sun Star Prima Motor Jakarta Selatan

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Pacu Kualitas SDM, MMKSI Gelar Kontes Nasional : http://bit.ly/2SVk1Ii

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Pacu Kualitas SDM, MMKSI Gelar Kontes Nasional"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.