Search

Terpopuler - Gerindra: Koalisi Pilpres 2019 Masih Jauh

INILAHCOM, Jakarta - Anggota DPR Fraksi Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria mengatakan penetapan presidential threshold (PT) 20 persen tidak terkait dengan koalisi Pemilu Presiden 2019.

"Koalisi Pilpres masih lama, kita jangan terlalu jauh bicara koalisi parpol," kata Riza di Gedung DPR, Jumat (21/7/2017).

Wakil Ketua Komisi II itu menjelaskan jika nantinya Jokowi kembali dengan dukungan enam parpol yang mendukung PT 20 persen. Hal itu belum bisa dipastikan Jokowi akan menang mutlak.

Sebab masih ada 4 fraksi lagi yang dimungkinkan mendukung pasangan lain dan Gerindra berharap calon lain itu adalah Ketua Umum Prabowo Subianto.

"Sekalipun orang memetakannya ada 6:4, mungkin Pak Jokowi dengan Pak Prabowo. Itu kan peta bacaan orang," ujarnya.

Menurut dia, Prabowo hingga saat ini belum mau memikirkan soal peluangnya maju di Pilpres 2019, meski elektabilitasnya terus mengalami kenaikan karena faktor kondisi ekonomi Indonesia saat ini.

"Ini akan menyebabkan elektabilitas Jokowi turun dan sebaliknya Pak Prabowo naik," tandasnya.

Untuk diketahui, enam fraksi di DPR setuju dengan opsi Paket A yaitu Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai Golkar, Fraksi PKB, Fraksi PPP, Fraksi Partai Nasdem dan Fraksi Partai Hanura.

Sedangkan, empat fraksi yang walk out setuju dengan opsi Paket B antara lain Fraksi Partai Gerindra, Fraksi PAN, Fraksi Partai Demokrat dan Fraksi PKS.

Keputusan ini diambil melalui mekanisme voting terbuka, sehingga UU Pemilu disahkan secara aklamasi mengingat tiga orang pimpinan rapat ikut aksi walk out yaitu Wakil Ketua DPR Fadli Zon dari Fraksi Gerindra, Taufik Kurniawan dari Fraksi PAN dan Agus Hermanto dari Fraksi Demokrat.

Akhirnya, palu rapat diestafetkan ke Ketua DPR Setya Novanto oleh Fadli yang awalnya memimpin rapat. Sedangkan, Fahri Hamzah menemani Novanto meskipun Fahri beda sikap mendukung opsi Paket B bukan Paket A.[jat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Gerindra: Koalisi Pilpres 2019 Masih Jauh : http://ini.la/2392676

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Gerindra: Koalisi Pilpres 2019 Masih Jauh"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.