Search

Terpopuler - Mengobati Hati yang Keras

MARI kita renungkan hadits berikut ini, tentang seseorang yang mengeluhkan kekerasan hatinya. Kerasnya hati menjadi masalah besar dalam kehidupan kita secara personal ataupun komunal.

Hati yang keras sulit sekali menerima nasehat dan sulit sekali menerima perbedaan. Hati yang keras akan menjadikan pandangan mata menjadi kaku dan menjadikan mulut hanya berbunyi pokoknya.

Dalam masyarakat, orang yang keras hatinya selalu menjadi provokator, tukang manas-manasi keadaan, trouble maker, pembuat gelisah orang lain. Nah, saat ini sepertinya hati model begini ini yang banyak. Sulit sekali mencari orang yang sejuk menyejukkan, bersih membersihkan dan damai mendamaikan.

Lalu bagaimana cara melembutkan hati yang keras? Berikut haditsnya: "Seorang lelaki mengeluh kepada Rasulullah SAW tentang kekerasan hatinya. Maka Rasulullah SAW bersabda kepadanya: Jika engkau ingin melembutkan hatimu, berilah makan orang-orang miskin dan usaplah kepala anak yatim."

Dalam bahasa yang lebih umum, berbagi kebahagiaan dengan mengurangi bahkan menghilangkan derita orang lain serta kasih sayang kepada orang-orang yang minus kasih sayang adalah jalan terbaik melunakkan hati. Berhentilah menyendiri dengan kenikmatan, berbagilah. Dalam beragi itulah hidup menemukan makna (the meaning of life). Tebarkan kasih sayang, di sanalah ada inti kehidupan (the substance of life). Salam, AIM. [*]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Mengobati Hati yang Keras : http://bit.ly/2Q8VCwQ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Mengobati Hati yang Keras"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.