Search

Terpopuler - Inilah Sentimen-sentimen Warnai Gerak IHSG 2019

facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Analis mengasumsikan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) 2019 tumbuh moderat 5-9% ke level 6.500-6.700. Inilah sentimen-sentimen pasar yang bakal memengaruhinya.

IHSG di Bursa Efek Indonesia yang mencerminkan kinerja pasar saham secara year-to date 2018 turun 2,54% dari 6.355,65 pada penutupan 2017 menjadi 6.194,50 pada penutupan tahun 2018.

Reza Priyambada, Senior Advisor CSA Research Institute mengatakan, apapun kemungkinan masih dapat terjadi di bursa saham. Pergerakan IHSG tentunya digerakan oleh saham-saham yang ada di dalamnya. 

Saham-saham digerakan selain oleh kondisi global dan internal emiten itu sendiri, juga digerakan oleh persepsi dan psikologi pelaku pasar dalam menilai sentimen yang ada. "Dengan demikian, dapat juga dikatakan bahwa pergerakan saham di bursa merupakan probabilitas dari respons atas berbagai sentimen," kata Reza kepada INILAHCOM di Jakarta, akhir pekan lalu. 

Reza menegaskan, memberikan kepastian merupakan hal yang tidak mungkin alias mustahil. "Jika ada pengamat, analis, bahkan orang 'pintar' yang hasil pengamatannya sesuai dengan kondisi pasar, hal tersebut merupakan suatu kebetulan atau telah mengetahui informasi sebelumnya," ungkap dia.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melihat bagaimana pergerakan IHSG di tahun depan, menurut dia, ialah berbagai sentimen yang kemungkinan akan muncul. 

Berikut ini rincian penjelasannya dari Reza Priyambada:

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Inilah Sentimen-sentimen Warnai Gerak IHSG 2019 : http://bit.ly/2EXXG9S

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Inilah Sentimen-sentimen Warnai Gerak IHSG 2019"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.