Search

Terpopuler - Sulit Cari Pejabat & Karyawan Berkarakter Sempurna

SUDAH lama orang-orang mengagungkan profesionalisme. Namun tak semua orang paham tentang profesionalisme.

Bagi sebagian orang, profesional itu adalah orang yang berkerja sesuai bidang keahliannya. Bagi sebagian yang lain, profesional itu adalah orang yang berpakaian necis dan resmi dalam bekerja. Bagi sebagian orang, profesional adalah orang yang punya pekerjaan (profesi), apapun itu. Saya tak mau berpanjang kalam dengan makna profesional itu. Saya hanya tertegun saat membaca ayat berikut ini dan ingin sekali berbagi.

Salah satu puteri Nabi Syu'aib berkata kepada ayahnya. Perkataannya diabadikan dalam al-Qur'an sebagai bukti bahwa kata-katanya ini pas dan bagus sebagai pegangan: "Dan salah seorang dari kedua (perempuan) itu berkata, Wahai ayahku! Jadikanlah dia sebagai pekerja (pada kita), sesungguhnya orang yang paling baik yang engkau ambil sebagai pekerja (pada kita) ialah orang yang kuat dan dapat dipercaya." (QS. Al-Qasas 28: Ayat 26)

Pekerja yang baik dalam bidang dan jabatan apapun harus memiliki karakter kuat (berkemampuan, memiliki abilitas dan kapabilitas) dan dapat dipercaya (jujur, memiliki integritas dan akuntabilitas). Berkumpulnya dua karakter ini dalam pribadi seseorang akan menjadikannya layak diangkat sebagai pejabat atau pekerja.

Ada banyak orang yang kuat dan cerdas, logikanya jalan, bicaranya fasih, namun ternyata tak jujur dalam menjalankan jabatannya. Di kepalanya terpateri prinsip: "saya harus bisa memanfaatkan jabatan ini untuk menumpuk kekayaan saya, bagaimanapun caranya." Ada banyak juga yang jujur dan bisa dipercaya, namun pengetahuannya dan pengalaman serta kemampuannya terbatas. Mereka jujur apa adanya, tapi pekerjaannya tak ada yang selesai sempurna.

Saya tidak tahu, dari tiga model manusia di atas, yang manakah yang paling banyak di negeri kita yang kita cintai ini. Semoga bukan tipe keempat, yakni pejabat atau pekerja yang bodoh dan tak jujur, pejabat yang tak punya abilitas, kapabilitas, integritas dan akontabilitas, yang hanya pemikiran bagaiana cara memenuhkan isi tas. Salam, AIM. [*]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Sulit Cari Pejabat & Karyawan Berkarakter Sempurna : https://ift.tt/2J49shI

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Sulit Cari Pejabat & Karyawan Berkarakter Sempurna"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.