Search

Terpopuler - Rini dan Sri Mulyani Restui PGN Kuasai Pertagas

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) semakin memperkuat sinyal akan menjadikan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) memiliki wewenang penuh mengelola PT Pertamina Gas (Pertagas). Tujuannya PGN bisa mengoptimalkan potensi bisnis di sektor gas tersebut.

Demikian mengutip Buku Putih Pembentukan Holding BUMN Migas milik Kementerian BUMN dan Kementerian Keuangan, Kamis (29/3/2018). Hal itu terungkap di halaman delapan bahwa Pertamina akan mengalihkan Pertagas ke PGN melalui proses yang simultan. Namun menunggu selesainya pengalihan 56,96% saham milik negara di PGN kepada Pertamina dalam bentuk penyertaan modal negara (PMN).

Proses tersebut tinggal menunggu terbitnya Keputusan Menteri Keuangan (KMK) yang tengah melakukan valuasi harga per lembar saham PGN yang akan menambah neraca keuangan Pertamina.

Sebelumnya, Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan persetujuan dari pemegang saham publik PGN yang jumlahnya mencapai 43,04% dari total saham yang beredar.

Rini mengatakan karena PGN merupakan perusahaan yang sebagian sahamnya dimiliki publik, maka penentuan penggabungan Pertagas ke PGN harus meminta persetujuan pemegang saham.

"Biarpun pemerintah sebagai pemegang saham mayoritas di PGN, tetap harus meminta persetujuan pemegang saham publik juga. Selain itu, nilai dari Pertagas juga harus dianalisa secara independen. Dan nantinya harus dapat persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PGN," jelas Rini.

Ia berharap dengan peleburan ini, PGN mampu mengelola bisnis gas di dalam negeri dengan lebih baik. Serta tidak ada lagi tumpang tindih pengembangan infrastruktur gas yang selama ini terjadi antara Pertagas dan PGN.

Secara lebih spesifik, Buku Putih Pembentukan Holding BUMN Migas menyatakan PGN sebagai subholding gas akan menjalankan lima peran utama, yaitu:
1. Menyusun rencana strategis di bidang usaha gas bersama dengan induk holding
2. Menyusun dan melaksanakan rencana jangka panjang dan pendek perusahaan subholding gas sesuai arahan strategis dari induk holding
3. Mengoperasikan, membangun, dan mengembangkan infrastruktur gas seperti terminal regas, transmisi, dan distribusi
4. Menyusun, mengembangkan, dan melaksanakan strategi pemasaran dan penjualan gas yang efektif dan efisien
5. Mengusulkan peluang bisnis gas baru kepada induk Holding untuk mendapat persetujuan investasi.

"Setelah pembentukan holding, diharapkan akan tercipta sinergi bisnis yang saling menguatkan antara Pertamina dengan PGN terutama pada distribusi dan transmisi gas," demikian tulis buku putih tersebut.

Terkait pengalihan saham seri B milik pemerintah di PGN kepada Pertamina, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan dirinya tidak lama lagi akan meneken KMK penentu harga saham yang sekaligus menentukan berapa besar suntikan modal negara yang diberikan ke Pertamina.

Ani, sapaan akrabnya menyebut saat ini Biro Hukum Kementerian Keuangan tengah melakukan pemeriksaan akhir atas draf beleid tersebut.

"Tidak ada masalah dari draf KMK tersebut, hanya sedang diperiksa dari sisi hukum saja. Kalau sudah selesai dari Biro Hukum, saya tanda tangan," kata Sri Mulyani. [hid]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Rini dan Sri Mulyani Restui PGN Kuasai Pertagas : https://ift.tt/2pNOz1g

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Rini dan Sri Mulyani Restui PGN Kuasai Pertagas"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.