Search

Terpopuler - Penghalang Kebahagiaan

INTI ceramah saya semalam adalah tentang mawaani' al-sa'aadah (pencegah datangnya bahagia). Ada tiga hal yang sering menjadi penghambat dan menghapus kebahagiaan.

Yang pertama adalah kecemasan yang berlebihan akan sesuatu yang belum pasti terjadi. Cemas takut miskin, cemas tidak bisa kuliah, cemas tidak bisa dapat kerja, cemas tidak dapat jodoh, cemas perusahaan bangkrut dan beragam kecemasan yang lain.

Obat dari kecemasan seperti ini menurut pendekatan agama adalah dengan melakukan ibadah qalbiyah (ibadah hati) yang bernama husn al-dhann biLLaah (baik sangka kepada Allah). Yakinlah bahwa semua yang terjadi adalah diatur oleh Allah. Setelah itu yakinlah bahwa aturan Allah adalah yang terbaik karena pasti penuh hikmah. Tidak ada satupun ketetapan dan aturan Allah yang sia-sia alias sepi dari hikmah.

Kita menderita kecemasan karena tidak adanya pengetahuan dan keyakinan utuh akan hikmah di balik semua ketetapan Allah itu. Kata para ulama: "Allah itu telah menetapkan dan mengatur di alam ghaib segala apa yang akan terjadi padamu. Andaikan Anda tahu pengaturanNya secara utuh niscaya Anda akan menangis karena sangat bahagia."

Kalau kita sudah tertimpa musibah, jalani saja sambil menunggu hikmah, dengan memperbanyak doa dan dzikir. Kalau belum ada musibah dan ujian yang menghampiri kita, tak usah bercemas hati akan yang belum terjadi.

Kata penelitian psikologi, 80% hal yang kita cemaskan adalah tidak terjadi, 10% hal yang dicemaskan terjadi pada orang lain, dan hanya 10% yang mungkin terjadi pada kita. Mengapa 10% harus mengalahkan 90%? Nah tenang saja sambil memperdekat diri dengan Allah swt. Salam, AIM. [*]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Penghalang Kebahagiaan : https://ift.tt/2Gowjme

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Penghalang Kebahagiaan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.