Search

Terpopuler - Saudi Coba Hentikan Reli Harga Minyak?

INILAHCOM, New York - Pengekspor minyak terbesar dunia hanya membuat kebijakan yang cukup menyimpang. Dalam enam pekan, Arab Saudi mencoba menghentikan reli di US$80 per barel.

Perputaran-U mengacak prospek pasar minyak, memukul harga saham jurusan minyak dan produsen serpih dan membentuk pertikaian diplomatik dengan anggota lain Organisasi Negara Pengekspor Minyak.

Apa yang berubah? Ancaman pasokan yang ditimbulkan oleh pengenaan kembali sanksi AS terhadap ekspor minyak Iran awal bulan ini dan jatuhnya percepatan industri energi Venezuela adalah bagian dari jawaban. Tetapi mereka sekunder bagi Donald Trump.

Pada 20 April, presiden turun ke Twitter untuk mengkritik dorongan kartel untuk harga yang lebih tinggi. "Sepertinya OPEC melakukannya lagi," dia tweeted. "Harga minyak secara artifisial Sangat Tinggi!"

Intervensi Trump biasanya memberikan suara yang melengking ke perhatian yang dipegang secara lebih luas di AS dan negara-negara konsumen lainnya. Kenaikan minyak dari kurang dari US$30 pada awal 2016 menjadi lebih dari US$80 bulan ini berisiko menjadi ancaman bagi pertumbuhan ekonomi global.

Pada hari Jumat (24/5/2018) Menteri Perminyakan Saudi Khalid Al-Falih menjawab, mengatakan negaranya berbagi "kecemasan" dari pelanggannya. Dia kemudian mengumumkan perubahan dalam kebijakan bahwa semua tetapi memberi lampu hijau untuk menjual pasar, mengatakan OPEC dan sekutunya yang "mungkin" untuk meningkatkan output pada semester kedua tahun ini.

"Tweet itu memindahkan Saudi," kata Bob McNally, pendiri konsultan Rapidan Energy Group LLC di Washington dan mantan pejabat minyak Gedung Putih seperti mengutip yahoo.finance.com. "Pesan itu disampaikan dengan keras dan jelas ke Arab Saudi."

Setelah komentar Al-Falih, yang dilakukan setelah pertemuan dengan mitranya dari Rusia di St. Petersburg, melihat penurunan minyak mentah lebih dari US$3 hingga di bawah US$67 per barel di New York pada hari Jumat. Nada bullish dari obrolan pasar baru-baru ini, semakin diselingi dengan pembicaraan tentang harga minyak yang naik melewati US$100, US$150 dan bahkan US$300, tiba-tiba terlihat berlebihan.

Bukan hanya AS. Pembeli utama lainnya dari minyak mentah Saudi juga menekan Riyadh untuk mengubah arah, meskipun sedikit lebih diplomatis daripada Trump. Dharmendra Pradhan, menteri perminyakan India, mengatakan dia menelepon Al-Falih dan "menyatakan keprihatinan saya tentang kenaikan harga minyak mentah."

Pejabat OPEC berada dalam pertemuan di hotel Ritz-Carlton yang mewah di Jeddah di pantai Laut Merah Arab Saudi ketika Trump menge-tweet pandangannya dan mereka segera melihatnya sebagai intervensi yang signifikan.

"Kami berada di pertemuan di Jeddah, ketika kami membaca tweet," kata Sekjen OPEC Mohammad Barkindo pada hari Jumat. "Saya pikir saya didorong oleh ketegasannya Khalid Al-Falih bahwa mungkin ada kebutuhan bagi kami untuk menanggapi," katanya. "Kami di OPEC selalu membanggakan diri sebagai teman Amerika Serikat."

Untuk membaca cerita tentang bagaimana konsumen merespons harga yang lebih tinggi, klik di sini.

Para diplomat dan pejabat minyak di negara-negara OPEC juga khawatir tentang potensi kebangkitan di Washington dari apa yang disebut "Tidak Ada Undang-Undang Produksi dan Ekspor Kartel," yang mengusulkan membuat OPEC tunduk pada hukum anti-trust Sherman, digunakan lebih dari seabad yang lalu. untuk menghancurkan kerajaan minyak John Rockefeller.

RUU pertama kali menjadi terkenal pada tahun 2007 ketika George W. Bush menjadi presiden dan harga minyak merayu dengan $ 100 per barel dan membuat comeback beberapa tahun kemudian di bawah Barack Obama. Meskipun ditentang oleh para presiden itu, risiko bagi OPEC adalah bahwa Trump "bisa memutuskan hubungan dengan para pendahulunya dan mendukung jalannya," kata McNally.

Sebagai tanda bahwa harga minyak sedang mendaki agenda Washington karena harga bensin mendekati US$3 per galon, minggu lalu subkomite di Dewan Perwakilan AS mengadakan sidang yang jarang terjadi mengenai tindakan NOPEC.

Ada juga indikasi bahwa Rusia, yang keputusannya untuk berpartisipasi dalam pemotongan OPEC membantu mengubah pasar minyak, telah memutuskan bahwa reli telah berjalan cukup jauh.

"Kami tidak tertarik dengan kenaikan harga energi dan minyak," kata Putin kepada wartawan di St. Petersburg pada hari Jumat. "Saya akan mengatakan kami sangat senang dengan US$60 per barel. Apa pun yang ada di atas dapat menyebabkan masalah tertentu bagi konsumen, yang juga tidak baik bagi produsen."

OPEC dan sekutunya akan berkumpul di Wina untuk pertemuan kebijakan pada 22 Juni untuk menuntaskan kesepakatan. Sementara Al-Falih dan Novak Rusia telah mengindikasikan bahwa output kemungkinan besar akan meningkat, rinciannya, berapa banyak barel dari negara mana saja, masih menjadi tanda tanya.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Saudi Coba Hentikan Reli Harga Minyak? : https://ift.tt/2ISeyNk

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Saudi Coba Hentikan Reli Harga Minyak?"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.