Search

Terpopuler - Pertamina Siap Bangun Kilang Cilacap Sendiri

INILAHCOM, Jakarta - Pembangunan kilang Cilacap antara PT. Pertamina (Persero) dan Saudi Aramco sampai sekarang masih dilakukan pembahasan berkaitan valuasi aset.

Direktur Mega Proyek Pengolahan dan Petrokimia PT. Pertamina Ignatius Tallulembang mengatakan, valuasi aset tersebut masih terdapat perbedaan.

Tallulembang mengungkapkan, Pertamina pun telah memiliki nilai aset, baik dihitung secara sendiri maupun konsultan independen berdasarkan rekomendasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Namun, nilai tersebut tidak disetujui oleh Saudi Aramco.

"Proyek ini saat ini kita udah pilih partner, Saudi Aramco. Udah cukup panjang perjalanan, sudah ada Joint Venture Agremment. Dari tiga itu, semuanya sudah dipenuhi. Tinggal satu yaitu belum ada kesepakatan valuasi aset, nilai kilang eksisting itu berapa yang akan ditransfer ke Joint Venture. Itu yang nggak ketemu sampai sekarang," kata Ignatius, Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Kedepan, apabila permasalahan ini tidak menemukan jalan keluar, maka kata dia, tidak menutup kemungkinan proyek tetap berjalan tanpa perusahaan asal Arab Saudi itu.

"Mereka bisa memahami ada perbedaan kalau tidak bisa lanjut jangan dipaksa. Para pihak mencoba melakukan negosiasi sampai Juni. Intinya Pertamina tetap komit melakukan kilang Cilacap ini ada atau tidak ada patner. Kita akan jalankan sesuai time line," ujar dia.

Adapun berdasarkan perjanjian, negosiasi harusnya selesai pada Desember 2018, namun diperpanjang enam bulan dengan target selesai Juli, dalam perhitungan kali ini Pertamina menggunakan kosultan independen internasional.

Jika dalam negosiasi enam bulan terakhir masih menemui jalan buntu, Pertamina pun siap berjalan sendiri atau mencari patner baru dalam membangun Kilang yang berkapasitas 1,5 juta barel ini, tanpa Saudi Aramco, dengan target penyelesaian pembangunan pada 2025.[jat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Pertamina Siap Bangun Kilang Cilacap Sendiri : http://bit.ly/2Dws3BM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Pertamina Siap Bangun Kilang Cilacap Sendiri"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.