Search

Terpopuler - Dana Desa untuk Kerek Konsumsi Sayuran Rakyat

INILAHCOM, Jakarta - Saat ini, konsumsi sayuran oleh masyarakat Indonesia terbilang rendah. Padahal, kalau meningkat maka bisnis sayur-mayur bisa sangat menjanjikan di masa depan.

Direktur Southeast Asian Food & Agricultural Science & Technology SEAFAST Center, LPPM-IPB, Prof Nuri Andarwulan mengatakan, masyarakat Indonesia perlu diedukasi agar bisa meningkatkan konsumsi sayuran.

"Padahal untuk bertanam sayuran itu bukanlah hal yang sulit bisa dilakukan di lahan sempit sekalipun dengan demikian persoalan pasokan seharusnya bukan lagi menjadi kendala," kata Nuri di Jakarta, pekan lalu.

Data menunjukkan, konsumsi sayuran dan buah-buahan di Indonesia baru sebesar 180 gram per kapita per hari. Masih jauh dari standar organisasi kesehatan dunia (WHO) sebesar 400 gram per kapita per hari.

Nuri mengatakan distribusi masih menjadi kendala yang memicu rendahnya konsumsi sayuran di masyarakat. kalau di sentra produksinya mungkin masih terjangkau tetapi kalau sudah sampai di luar sentra produksi (kota-kota besar) terkadang harganya menjadi sangat mahal.

"Kalau harganya mahal maka masyarakat akan lebih memprioritaskan kebutuhan karbohidrat terlebih dahulu sebagai sumber energi dalam hal ini beras, padahal sayuran tersebut sangat penting sebagai sumber serat pangan, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan," ujar Nuri.

Nuri menjelaskan, untuk kawasan perkotaan karena harga sewa lahan sudah mahal, maka solusinya adalah bertanam sendiri di lahan terbatas. Untuk itu perlu edukasi agar masyarakat sadar akan pentingnya mengonsumsi sayuran.

"Untuk mengedukasi masyarakat bukan tugas dari Kementerian Pertanian saja mengingat mereka saat ini sedang fokus kepada upaya-upaya mendorong swasembada pangan melalui program Pajale (Padi, Kacang, Kedelai), program konsumsi sayuran sebaiknya juga melibatkan Kementerian Kesehatan, sepertihalnya program makan ikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan," ujar Nuri.

Nuri mengusulkan untuk memanfaatkan dana desa untuk program pemenuhan kebutuhan sayuran dan buah-buahan, selain untuk pembangunan infrastruktur.[tar]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Dana Desa untuk Kerek Konsumsi Sayuran Rakyat : https://ift.tt/2IhLm2O

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Dana Desa untuk Kerek Konsumsi Sayuran Rakyat"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.