Search

Terpopuler - China Kurangi Investasi ke Luar Negeri

INILAHCOM, Beijing - Arus keluar investasi langsung asing China tahunan menurun pada 2017 untuk pertama kalinya dalam catatan.

Demikian menurut laporan pemerintah yang dirilis Jumat (28/9/2018). Penurunan itu terjadi ketika para pemimpin dua ekonomi terbesar dunia meningkatkan pengawasan terhadap kesepakatan lintas batas, menyusul lonjakan investasi China di AS, yang termasuk pembelian profil tinggi di New York's landmark hotel Waldorf Astoria oleh perusahaan asuransi Cina Anbang pada tahun 2015.

Beijing ingin membendung pelarian modal. Sementara administrasi Trump mengutip alasan keamanan nasional untuk memperlambat atau mencegah akuisisi China terhadap perusahaan AS seperti mengutip cnbc.com.

Tahun lalu, investasi langsung keluar tahunan China turun 19,3 persen menjadi US$158,29 miliar, dari US$196,15 miliar pada 2016, menurut statistik pemerintah. Itu menandai penurunan pertama yang tercatat dalam data yang akan kembali ke 2002, menurut laporan dari Kementerian Perdagangan Tiongkok, Biro Statistik Nasional dan Administrasi Negara Pertukaran Mata Uang Asing.

Angka-angka dari tahun 2002 hingga 2005 hanya mencakup investasi langsung luar negeri non-keuangan, sementara angka-angka dari tahun 2006 dan seterusnya mencakup semua industri.

Investasi Cina di AS adalah US$6,43 miliar pada 2017, turun 62,1 persen dari tahun lalu, laporan itu menunjukkan.

Sebaliknya, arus ke Eropa naik ke rekor US$18,46 miliar pada 2017, atau 72,7 persen lebih tinggi dari tahun lalu, kata laporan itu.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - China Kurangi Investasi ke Luar Negeri : https://ift.tt/2xLfEa3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - China Kurangi Investasi ke Luar Negeri"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.