Search

Terpopuler - Fahri:Jokowi Jangan Jadikan Candaan Soal Lahan HGU

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah meminta kepada calon petahana Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk tidak menjadikan bahan candaan terkait pengembalian lahan HGU (hak guna usaha) yang dimiliki segelintir orang.

"Pak @jokowi jangan jadikan penguasaan lahan sebagai becandaan elite dan pencitraan semata," kata Fahri lewat twitternya yang dikutip Selasa (26/2/2019).

Menurut dia, calon Presiden Prabowo Subianto yang mengaku memiliki 120 ribu hektar lahan di Aceh Tengah dan 220 ribu hektar di Kalimantan Timur sudah bersedia untuk dikembalikan bila negara membutuhkan. Namun, harus ada aturan.

"Pak @prabowo sudah setuju mengembalikan Lahan. Ayo segera terbitkan #PerpuHGU agar seluruh lahan yang dikuasai swasta kembali ke negara. Berani gak? #ReformaAgraria," ujarnya.

Ia mengatakan sekarang musim pemilu, maka Peraturan Perundang-Undangan HGU pasti didukung oleh seluruh anggota DPR. Jadi, dalam sebulan Perpu itu akan segera menjadi Undang-undang.

"Itu betul-betul akan jadi Genuin produk @jokowi. Kalau bagi-bagi akta sudah sejak zaman Belanda juga ada berponding ????. Berani gak?," jelas dia.

Fahri mengatakan dengan selembar surat keputusan berupa #PerpuHGU, maka jutaan hektar tanah negara akan kembali ke pangkuan negara.

"Itu makna #ReformaAgraria ala pak @jokowi yang telah didukung secara simbolik oleh pak @prabowo . Sekarang kita tunggu apakah ada keberanian eksekusi ??," katanya.

Tampaknya, Fahri melihat Jokowi lebih tidak bebas dari belitan pengusaha besar dibanding Prabowo. Karena, sejak dulu Prabowo justru selalu bermasalah dengan konglomerat di sekitar orde baru.

"Saya mohon maaf, Saya merasa pak @jokowi lebih tidak bebas dari belitan pengusaha besar dibanding pak @prabowo karena sejak dulu pak prabowo justru selalu bermasalah dengan konglomerat di sekitar orde baru. Rasanya, #ReformaAgraria bohong tanpa kemandirian pada tuan tanah," tandasnya.

Untuk diketahui, calon presiden nomor urut 01 Jokowi kembali menyinggung soal pengembalian lahan yang dikuasai oleh segelintir orang saat menyampaikan pidato kebangsaan di Sentul International Convention Center (SICC), Jawa Barat, Minggu (24/2/2019) malam.

Sementara, pembahasan soal kepemilikan lahan ini muncul dalam debat capres kedua yang digelar Minggu (17/2/2019) malam. Jokowi menyebut calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto memiliki 120 ribu hektare lahan di Aceh Tengah dan 220 ribu hektare lahan di Kalimantan Timur.

Prabowo pun mengakui memiliki ratusan ribu lahan di wilayah tersebut, tapi dalam bentuk hak guna usaha (HGU). Bahkan, Prabowo menyebut kalau lahan itu sewaktu-waktu bisa diambil oleh negara.

Akan tetapi, Prabowo mengatakan lebih baik mengelola sendiri daripada lahan tersebut dikelola asing. Karena, Prabowo mengaku nasionalis dan patriot.[ris]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Fahri:Jokowi Jangan Jadikan Candaan Soal Lahan HGU : https://ift.tt/2IEE1hO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Fahri:Jokowi Jangan Jadikan Candaan Soal Lahan HGU"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.