Search

Terpopuler - China Sebut AS Lebih Tertekan dalam Perang Tarif

INILAHCOM, Beijing - China menilai AS menghadapi tekanan yang lebih besar untuk menyelesaikan perang dagangnya yang sedang berlangsung dengan China. Sebab negosiasi yang gagal kemungkinan akan memiliki konsekuensi besar bagi saham di seluruh dunia.

Demikian tulis Sebuah surat kabar yang dikelola pemerintah China mengklaim dalam sebuah editorial yang diterbitkan Selasa malam (19/2/2019).

Pada hari Selasa, S&P 500 naik setelah Presiden AS Donald Trump lagi mengindikasikan bahwa dua ekonomi terbesar di dunia mungkin memiliki lebih banyak waktu untuk menemukan cara untuk menghindari kenaikan tarif. Batas waktu saat ini sebelum kenaikan tarif dimulai pada 1 Maret, dan delegasi China berada di Washington DC, pekan ini untuk negosiasi perdagangan.

"Kata-kata [Trump] semakin memicu pasar saham AS, yang mencapai tertinggi dalam dua bulan. Dengan demikian meningkatkan tekanan pada administrasi Trump untuk menutup kesepakatan dengan China," Global Times mengatakan dalam editorial, seperti mengutip cnbc.com.

Trump sering mengutip kinerja pasar saham AS sebagai ukuran keberhasilannya, meskipun ia diam pada subjek ketika saham tidak berkinerja baik.

Mengutip analis yang tidak disebutkan namanya, editorial Global Times menambahkan bahwa jika kedua belah pihak tidak dapat mencapai kesepakatan dan tim Trump memberlakukan lebih banyak tarif pada produk-produk China. Sementara China merespons dengan penanggulangan yang lebih sengit.

"Maka itu akan menjadi serangan bencana ke pasar saham global. Dalam hal menghindari pukulan seperti itu, pemerintahan Trump mungkin yang paling tertekan," klaim Global Times. "Jadi secara umum, pada akhir negosiasi perdagangan, Cina dan AS telah menjadi lebih setara secara psikologis."

Ketegangan perdagangan meningkat tahun lalu ketika administrasi Trump menerapkan tarif pada US$250 miliar barang China. Sementara Beijing membalas dengan tugasnya sendiri atas barang-barang AS senilai US$110 miliar. Yang menjadi masalah adalah defisit perdagangan AS dengan China dan keluhan tentang cara perusahaan asing diperlakukan oleh sistem Tiongkok.

Keluhan-keluhan seperti itu menuduhkan subsidi yang mendistorsi pasar, penyerahan paksa atas teknologi hak milik dan menginjak-injak hak kekayaan intelektual.

Selama pertemuan G-20 akhir tahun lalu, Trump setuju dengan Presiden China, Xi Jinping untuk tidak menaikkan tarif jika kedua belah pihak dapat mencapai resolusi tentang masalah-masalah tersebut dalam waktu 90 hari.

Tetapi dengan sedikit lebih dari seminggu sebelum batas waktu 1 Maret, ada sedikit indikasi publik tentang kemajuan yang signifikan.

Sementara itu, kepala ekonom China di Nomura, Ting Lu mengatakan China sedang berjuang dengan perlambatan ekonominya sendiri dan dapat menghadapi tantangan yang lebih besar dari penurunan permintaan dari mitra dagang terbesarnya, US.

"Pertumbuhan ekspor China kemungkinan akan melambat di masa mendatang berbulan-bulan, terutama sejak terburu-buru untuk membeli barang sebelum kemungkinan kenaikan tarif pada dasarnya telah berakhir," katanya dalam sebuah laporan pekan lalu.

S&P 500 naik hampir 10,9 persen sepanjang tahun ini. Sementara komposit Shanghai telah naik lebih dari 10 persen.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - China Sebut AS Lebih Tertekan dalam Perang Tarif : https://ift.tt/2tsv4h2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - China Sebut AS Lebih Tertekan dalam Perang Tarif"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.