Search

Terpopuler - China Tunggu Itikad Baik AS Selesaikan Sengketa

INILAHCOM, Beijing - Pemerintah China berusaha meyakinkan dunia bahwa tanggung jawabnya ada di AS untuk menyelesaikan ketegangan perdagangan antara kedua negara.

Karena negosiasi masih macet, Beijing belum mengkonfirmasi apakah Presiden China, Xi Jinping akan bertemu dengan Presiden AS Donald Trump pada pertemuan G-20 di Jepang pada akhir bulan Juni ini. Trump pada hari Senin (10/6/2019) mengancam tarif lebih banyak pada barang-barang China, jika Xi tidak hadir.

Perwakilan dari pihak China mengatakan Kamis mereka pikir kemungkinan Xi akan pergi ke pertemuan G-20.

Tetapi untuk mencapai kesepakatan perdagangan, mereka menekankan, AS harus menyetujui persyaratan tertentu. Ini termasuk pembatalan semua tarif tambahan, mengikuti arahan dari apa yang disepakati pada pertemuan G-20 di Argentina tahun lalu, dan mematuhi ketentuan yang dianggap sama oleh Tiongkok.

"Posisi China sangat jelas dan eksplisit. Adalah AS yang memprakarsai gesekan perdagangan," kata Liang Ming, direktur Institute of International Trade, unit penelitian di bawah Kementerian Perdagangan. Dia berbicara dalam bahasa Mandarin melalui penerjemah resmi pada konferensi pers pada hari Kamis.

"Sekarang saya pikir China memiliki kepercayaan diri yang lebih besar daripada AS. Pada G-20 kita bisa melakukan pembicaraan, tetapi prasyaratnya adalah bahwa AS menunjukkan itikad baik," kata Liang seperti mengutip cnbc.com. "Jika terus mengulangi komitmennya sendiri, maka kita lebih suka tidak melakukan pembicaraan."

Negosiasi antara AS dan China berubah menjadi lebih buruk bulan lalu. Trump menaikkan tarif barang senilai US$200 miliar dari Tiongkok, dan pemerintahannya menempatkan raksasa telekomunikasi China Huawei pada "daftar entitas" yang secara efektif memotong perusahaan dari pemasok AS.

Pandangan akademisi China, kata Liang, adalah bahwa ekonomi China dapat menahan tekanan dari ketegangan perdagangan yang berkepanjangan, yang mereka lihat atas perintah dari upaya kampanye presiden Trump.

"Kita tahu bahwa mulai dari (Juni) ke-18, Presiden Trump akan memulai putaran baru kampanye pemilihan umum, dan jadi kami pikir dia juga ingin mencapai kesepakatan," kata Liang seperti mengutip cnbc.com. "Tetapi jika kita melihat seluruh situasi, China tidak terburu-buru karena waktu ada di pihak kita."

Sejak itu, jalur resmi Kementerian Perdagangan adalah sebagai berikut: Agar pembicaraan dapat dilanjutkan, AS harus "menyesuaikan tindakan yang salah" dengan tulus.

Liang menguraikan tiga poin di mana AS dapat menunjukkan "ketulusan."

Pertama, menggemakan Wakil Perdana Menteri China Liu He, yang juga kepala negosiator perdagangan negara itu, Liang mengatakan AS harus setuju untuk membatalkan semua tarif tambahan.

Kedua, Liang mengatakan Beijing ingin AS untuk "secara signifikan mengurangi kontrol ekspor pada produk-produk ekspor berteknologi tinggi" untuk mencapai tuntutan bahwa China meningkatkan impor barang-barang Amerika setidaknya US$ 1,2 triliun.

"Poin ketiga adalah tentang teks yang seimbang yaitu tentang ekspresi dan kata-kata," kata Liang. "Kami tidak berpikir harus ada banyak kata-kata yang kuat dan kuat seperti 'harus', 'harus,' dll."

Upaya-upaya untuk memastikan bahwa Beijing dan pemerintahan Trump akan mematuhi ketentuan-ketentuan kesepakatan perdagangan telah menjadi sumber ketidakpastian di kedua belah pihak. Masing-masing negara mengklaim yang lain mundur pada apa yang tampak dekat dengan kesepakatan hanya beberapa minggu sebelum pembicaraan berantakan.

Pada awal Juni, Dewan Negara China yang berpengaruh menerbitkan sebuah buku putih yang menyalahkan Amerika Serikat atas ketegangan perdagangan.

Zhu Guangyao, mantan wakil menteri keuangan dan penasihat pemerintah Tiongkok dalam perdagangan, Kamis menegaskan bahwa China sedang menunggu AS menyetujui syarat-syarat Beijing. Dia mengatakan dia berharap Xi akan menghadiri pertemuan G-20 yang diberikan perjanjian sebelumnya dengan Jepang.

Namun dia menekankan perlunya komunikasi multi level dan informasi lengkap untuk kemajuan menuju segala jenis kesepakatan.

"Karena negosiasi sangat (serius), kedua belah pihak mulai meletakkan garis merah mereka di atas meja - apa yang bisa kita negosiasikan, apa yang tidak," kata Zhu.

"Jadi kepentingan rakyat, kedaulatan nasional, martabat nasional, tentu adalah garis merah. Tidak ada yang bisa melampaui itu."

Dalam sebuah artikel komentar yang diterbitkan pada akhir Mei, kantor berita negara Xinhua mengatakan bahwa tuntutan A.S., termasuk membatasi pengembangan perusahaan milik negara China, adalah upaya untuk merusak "kepentingan inti" Beijing.

"Bisnis asing mengeluhkan ketidaksetaraan bermain dengan perusahaan China karena dukungan pemerintah. Selain itu, ada perlindungan yang buruk dari hak kekayaan intelektual dan transfer teknologi paksa ke China untuk beroperasi di sana," kata mereka.

Beijing telah membuat beberapa langkah untuk mengatasi masalah-masalah itu dalam beberapa bulan terakhir. Tetapi bagi komunitas internasional yang mengawasi negara itu sejak bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia pada tahun 2001, China masih bergerak terlalu lambat.

Ketika ketegangan perdagangan meningkat, China semakin berupaya keras untuk perselisihan jangka panjang, sambil berusaha menjaga pintu tetap terbuka bagi AS, yang telah lama menjadi mitra dagang terbesar negara Asia itu.

Dalam komentar publik yang jarang mengenai perselisihan perdagangan, Xi mengindikasikan pekan lalu di sebuah forum ekonomi di St. Petersburg, Rusia bahwa ia ingin mempertahankan hubungan dengan AS.

"Sulit membayangkan Amerika Serikat sepenuhnya dari Cina atau Cina dari Amerika Serikat," kata Xi dalam bahasa Cina, ditafsirkan ke dalam bahasa Rusia dan kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Reuters.

"Kami tidak tertarik pada ini, dan mitra Amerika kami tidak tertarik pada ini," kata Xi. "Presiden Trump adalah teman saya dan saya yakin dia juga tidak tertarik dengan ini."

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - China Tunggu Itikad Baik AS Selesaikan Sengketa : http://bit.ly/2KPtMGU

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - China Tunggu Itikad Baik AS Selesaikan Sengketa"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.