Search

Terpopuler - Trump Ancam Sanksi Tambahan ke Iran

INILAHCOM, Washington - Presiden Donald Trump mengancam akan menjatuhkan sanksi baru yang lebih besar terhadap Iran pada hari Senin (24/6/2019). Ancaman ini, meningkatkan tekanan pada negara itu saat ekonomi sedang tegang dengan beratnya pembatasan keuangan.

Enam kapal tanker minyak dan pesawat mata-mata AS telah diserang sejak Mei 2018. Serangan ini baik di atau dekat Selat Hormuz, sebagai jalur transit tersibuk di dunia untuk pengiriman minyak melalui laut yang memisahkan Iran dari negara-negara Teluk tetangganya.

Kesibukan serangan telah meningkatkan ketegangan antara Washington dan Teheran.

Pada hari Sabtu (22/6/2019), Trump mengatakan melalui Twitter bahwa ia akan menjatuhkan sanksi tambahan terhadap Iran dalam upaya untuk mencegah negara itu mendapatkan senjata nuklir. AS sudah memiliki sanksi terhadap industri minyak Iran dan sektor lainnya.

Trump menambahkan bahwa tekanan ekonomi akan dipertahankan kecuali kepemimpinan Iran berubah arah.

"Kita dapat dengan aman mengatakan bahwa pendapatan Iran dari minyak telah dipotong setidaknya dua pertiga, sehingga mereka berada dalam posisi ekonomi yang sangat berbahaya," Cailin Birch, ekonom global di Economist Intelligence Unit seperti mengutip cnbc.com.

"Mereka benar untuk menunjukkan wajah yang kuat untuk keluar dari konflik ini, tetapi mereka juga tidak dalam posisi untuk berperang," kata Birch.

Ketegangan antara AS dan Iran telah melonjak sejak Mei 2018, ketika Trump menarik diri dari kesepakatan nuklir 2015 dan mengembalikan sanksi yang menyapu negara itu.

AS juga telah memperkuat kehadiran militernya di Timur Tengah dan memasukkan Garda Revolusi Iran sebagai organisasi teroris ke daftar hitam.

Birch memperkirakan bahwa Iran telah mengekspor antara 10 juta hingga 15 juta barel per minggu dalam ekspor minyak mentah di laut pada kuartal pertama tahun ini. "Sekarang, perusahaan ini melihat "volume nominal" dari 4 juta menjadi 5 juta barel per minggu, tetapi setengah dari itu hanya bolak di pelabuhan domestik," kata Birch.

Ekspor minyak Iran, sumber utama pendapatan pemerintah, telah terpukul oleh sanksi AS.

Washington telah menerapkan pembatasan keuangan untuk hampir 1.000 entitas Iran, termasuk bank, individu, dan kapal yang terkait dengan sektor pengiriman dan energi negara itu. Pada bulan Mei, Gedung Putih melarang pembelian besi, baja, aluminium dan tembaga Iran.

Pemerintahan Trump juga telah mencabut keringanan yang memungkinkan delapan negara, termasuk China dan India, untuk mengimpor minyak Iran meskipun ada sanksi AS. AS bertujuan untuk benar-benar memotong ekspor minyak Iran untuk memaksa Teheran meninggalkan dukungan bagi kelompok-kelompok militan di Timur Tengah dan menegosiasikan kembali perjanjian nuklir penting.

Trump menyetujui serangan militer terhadap Iran Kamis malam sebagai pembalasan atas jatuhnya pesawat tak berawak Amerika, sebelum tiba-tiba membalikkan keputusannya, dengan mengatakan jumlah korban yang diperkirakan dari serangan AS akan menjadi tidak proporsional dengan jatuhnya pesawat tak berawak mata-mata Amerika.

Sejak itu dia mengatakan dalam sebuah wawancara dengan NBC News bahwa dia tidak ingin perang dengan Iran tetapi, jika itu terjadi, akan ada "penghapusan seperti yang belum pernah Anda lihat sebelumnya."

Di tengah meningkatnya ketegangan, patokan internasional minyak mentah Brent naik sekitar 5% pada pekan lalu. Sementara West Texas Intermediate AS melonjak lebih dari 10%, kenaikan terbesar sejak Desember 2016.

Minyak mentah Brent diperdagangkan di sekitar US$65,48 pada Senin pagi, naik sekitar 0,4% sementara WTI AS berdiri di US$57,92, hampir 1% lebih tinggi.

Trump mengatakan dia masih terbuka untuk negosiasi dengan Iran, tetapi Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei dengan tegas mengesampingkan pembicaraan dengan pemerintahan Trump.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Trump Ancam Sanksi Tambahan ke Iran : http://bit.ly/2Xzba4s

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Trump Ancam Sanksi Tambahan ke Iran"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.