Search

Terpopuler - Harga Minyak Picu Suksesi di Angola

INILAHCOM, Luanda - Angola, anggota OPEC dan produsen minyak terbesar kedua Afrika, baru saja menyaksikan perubahan politik bersejarah.

Negara tersebut telah memilih presiden barunya yang pertama dalam 38 tahun, namun terlepas dari tonggak sejarah politik ini, analis mengatakan akan ada sedikit pergolakan untuk sebuah negara yang dilanda penurunan harga minyak.

Dengan 98 persen suara yang sekarang dihitung dari pemilihan hari Rabu, Joao Lourenco, menteri pertahanan untuk Gerakan Rakyat untuk Pembebasan Angola (MPLA) yang berkuasa dan menunjuk penerus mantan presiden Jose Eduardo dos Santos, tampaknya akan menduduki jabatan tertinggi di negara itu.

Dos Santos adalah pemimpin penguasa terpanjang kedua Afrika setelah Teodoro Obiang Nguema Mbasogo dari Equatorial Guinea, yang mengalahkannya hanya dalam waktu satu bulan. MPLA mengklaim kemenangan, yang banyak diharapkan oleh penonton, Kamis (24/8/2017).

Meskipun MPLA kehilangan banyak pihak ke partai lain dalam pemilihan minggu ini, keluarga dos Santos mempertahankan pegangan yang kuat terhadap ekonomi Angola melalui institusi utamanya.

Putri Dos Santos, Isabel wanita Afrika yang paling kaya, adalah kepala eksekutif Sonangol, perusahaan minyak negara itu. Sementara itu, putranya Jose Filomeno memimpin dana kekayaan kedaulatan sebesar US$5 miliar.

"Semuanya mengarah pada kontinuitas daripada perubahan setelah pemilihan," Richard Mallinson, analis geopolitik di Energy Aspects, seperti mengutip cnbc.com.

Ini mengkhawatirkan mengingat ekonomi, sub-Sahara Afrika terbesar ketiga, bisa dibilang dalam krisis. Pertumbuhan produk domestik bruto tergoncang pada tahun 2016 dan inflasi selama 12 bulan terakhir rata-rata 29 persen.

Sementara Dana Moneter Internasional memperkirakan pertumbuhan ekonomi untuk tahun 2017 akan meningkat menjadi 1,3 persen, masalah, termasuk kwanza yang mendevaluasi dan kekurangan valuta asing, terus berlanjut.

Ketergantungan pada minyak mentah merupakan bagian dari masalah Angola, komoditas tersebut menghasilkan rata-rata 97 persen ekspor dalam 10 tahun terakhir, menurut Bank Dunia.

Tapi, industri minyak diganggu oleh korupsi, dan kekayaannya saat harga tinggi telah dibagi di antara terlalu sedikit, terlalu lama. Tantangan lain tetap sesuai dengan Mallinson, yang satu "menarik investasi asing dalam proyek air laut dalam lingkungan harga minyak yang rendah," sangat penting karena sebagian besar minyak Angola berada di luar negeri.

Perusahaan minyak termasuk Eni, Exxon dan Total saat ini beroperasi di negara ini.

Mallinson menambahkan bahwa Angola sedang berjuang dengan kapasitas penyulingan terbatas, dengan rencana untuk fasilitas baru disimpan di tengah harga minyak yang rendah.

Menurut data dari S & P Global Platts, Angola telah memimpin dalam hal pengurangan produksi OPEC. Robert Perkins, penulis senior untuk berita minyak EMEA di S & P Global Platts, menjelaskan sebagian besar minyak telah mulai beroperasi.

Cobus de Hart, ekonom senior di NKC African Economics, mengatakan Angola telah memiliki beberapa keberhasilan dalam memperluas ekonominya ke sektor non-minyak seperti pertanian, telekomunikasi dan pariwisata. "Tapi mengingat tekanan keuangannya di bawah, sulit untuk melakukan diversifikasi," katanya.

De Hart menambahkan bahwa penyebaran ketergantungan ekonomi negara dengan lebih baik akan berjalan "serasi" dengan menenangkan populasi muda negara yang membutuhkan pekerjaan: sekitar dua pertiga orang Anglikan berusia di bawah 25 tahun.

Pertanyaan tetap mengenai tingkat otonomi Lourenco, mengingat dos Santos akan tetap menjadi ketua partai.

Kekuatan politik di negara ini memiliki "insting untuk mengatasi masalah melalui kontrol yang lebih ketat," Francois Conradie, kepala penelitian di NKC African Economics.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Harga Minyak Picu Suksesi di Angola : http://ini.la/2400327

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Harga Minyak Picu Suksesi di Angola"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.