Search

Terpopuler - Anda Tahu Hakikatnya, Apa Tafsirannya?

TIDAK semua yang kita dengar itu adalah kebenaran. Karenanya maka janganlah kita percaya akan semua yang kita dengar. Bisa jadi yang berbisik kepada pikiran kita itu adalah tafsir kita akan yang kita dengar. Bisa jadi pula yang kita dengar itu adalah tafsir orang lain akan sebuah peristiwa. Bisa jadi pula yang kita dengar itu adalah memang hakikat yang terjadi.

Lalu bagaimana caranya kita mencari hakikat yang terjadi? Pertama adalah bertanya atau klarifikasi langsung pada subyek yang terlibat dalam peristiwa yang diceritakan. Kedua adalah dengan cara mendapatkan berita dari sumber yang terpercaya. Saat kedua hal ini tidak dilakukan, diam dan mendoakan yang terbaik untuk yang tertimpa peristiwa yang didengar ini adalah sikap bijak yang harus diambil.

Kehidupan kita ini menjadi riuh dan heboh karena pertentangan tafsir yang tidak disikapi secara arif. Andai saja semua berdasarkan fakta dan bukan berdasarkan tafsir dan duga, maka dunia tak akan seriuh saat ini.

Celakanya, jalur berita yang kita dapatkan saat ini adalah jalur yang tak sepenuhnya bebas kepentingan. Rata-rata membawa ideologi dan kepentingan masing-masing. Masyarakat yang terlalu lugu mengkonsumsi berita yang bertebaran saat ini bukan tidak mungkin menjadi pening dan gelisah tanpa tahu sebab yang sesungguhnya.

Jangan semua yang kita dengar kita percaya. Jangan semua yang kita baca adalah dijadikan sebagai pegangan. Verifikasi dulu dengan melakukan dua langkah tersebut di atas. Salam, AIM. [*]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Anda Tahu Hakikatnya, Apa Tafsirannya? : http://ini.la/2405340

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Anda Tahu Hakikatnya, Apa Tafsirannya?"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.