Search

Terpopuler - 'Menghidupkan' Lagi Mumi Mesir Berusia 3.500 Tahun

INILAHCOM, Turin - Tim ilmuwan internasional sukses merekonstruksi wajah dan otak mumi Mesir kuno berusia 3.500 tahun dan mengungkap teknik mumifikasi unik yang diterapkan pada tokoh-tokoh elit pada era Mesir kuno.

Mumi tersebut adalah Nebiri, seorang petinggi Mesir yang hidup pada masa pemerintahan Dinasti Thutmoses III (1479-1425 SM). Mumi Nebiri menjadi terkenal dua tahun yang lalu ketika dia didiagnosis menderita kasus gagal jantung kronis tertua.

Saat ditemukan oleh ahli Mesir kuno Ernesto Schiaparelli pada 1904 silam, mumi hanya terdiri dari kepala yang masih terawetkan dengan baik dan sebuah guci berisi organ-organ dalamnya.

"Dia berusia antara 45-60 tahun saat meninggal. Makamnya di Lembah Queens dijarah di zaman purbakala dan tubuhnya sengaja dihancurkan," ujar Raffaella Bianucci, bioantroprolog di Legal Medicine Section di University of Turin, Italia, seperti dikutip National Geographic.

Kini, Nebiri 'dihidupkan kembali' melalui forensik modern. Dengan menggunakan computed tomography dan teknik rekonstruksi wajah, para peneliti menghasilkan perkiraan wajah yang mengesankan.

Hasil rekonstruksi menunjukkan Nebiri merupakan laki-laki dengan hidung mancung, rahang lebar, alis lurus dan bibir agak tebal.

Philippe Charlier, seorang ahli patologi forensik dan antroplog fisik di University of Paris 5, Prancis, mengatakan bahwa rekonstruksi ini bukan sekadar seni belaka.

"Ini merupakan pekerjaan forensik serius berdasarkan teknik rekonstruksi wajah dan jaringan lunak terbaru yang memiliki superposisi tengkorak. Di luar keindahan, ada kenyataan anatomis," ungkapnya.

Data kimia awal pada 2013 silam mengungkap bahwa perban pada mumi Nebiri mengandung campuran kompleks dari lemak hewani atau minyak nabati, balsam atau tanaman aromatik, resin konifera dan resin pistacia yang dipanaskan.

Hasil CT scan terbaru menunjukkan bahwa perban tersebut dimasukkan dengan sangat hati-hati hampir ke seluruh bagian kepala: di hidung, telinga, dan mulut. Selain itu, perban juga ditambahkan ke dalam mulut untuk mengisi pipi.

Sejauh ini, para peneliti menganggap bahwa mumifikasi pada kepala Nebiri merupakan yang paling sempurna.Teknik perawatan kepala yang digunakan untuk mumifikasi Nebiri semakin menegaskan bahwa dulunya Nebiri menyandang status 'elit' semasa hidupnya.

"Pembungkusan yang teliti menciptakan penghalang untuk melindungi tubuh dari kolonisasi serangga. Di waktu yang sama, tindakan itu memiliki tujuan kosmetik, yaitu mempertahankan penampilan asli fitur wajah dan leher," jelas Bianucci.

Menariknya lagi, hasil CT scan menunjukkan adanya sebuah lubang kecil pada struktur pelat cribriform, yang memisahkan rongga hidung dari otak. Meski terdapat lubang, namun otak tak dikeluarkan dari rongga keplala.

Pelubangan pada lempeng cribriform tidak dilakukan untuk mengestrak otak, tetapi untuk memasukkan linen. Memang, fragmen-fragmen linen masih terlihat di dalam jaringan serebral yang mengalami dehidrasi.

Dengan menggunakan data dari CT scan, para peneliti dapat melakukan rekonstruksi permukaan otak secara 3D, yang memungkinkan mereka merekonstruksi jaringan lunak yang hancur atau mengalami perubahan post-mortem.

Dalam laporan yang diterbitkan di jurnal Forensic Science, Medicine and Pathology, para peneliti mengatakan bahwa studi ini menyoroti pentingnya menggunakan teknik forensik modern untuk meningkatkan teknologi diagnosis retrospektif baru pada sisa-sisa manusia yang berubah, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan kita tentang populasi masa lalu.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - 'Menghidupkan' Lagi Mumi Mesir Berusia 3.500 Tahun : http://ift.tt/2rRGNmU

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - 'Menghidupkan' Lagi Mumi Mesir Berusia 3.500 Tahun"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.