Search

Terpopuler - 800 Aplikasi di Play Store Terinfeksi Malware

INILAHCOM, San Francisco - Lebih dari 800 aplikasi Android di Google Play Store ternyata telah terinfeksi malware pencuri informasi bernama Xavier.

Menurut laporan Trend Micro yang dilansir Techhook, malware tersebut diberikan secara pre-install pada banyak aplikasi Android gratis, seperti edit foto dan wallpaper, serta telah diunduh jutaan kali.

Malware Xavier sebenarnya adalah sebuah ad librari, sebuah elemen yang terintegrasi dalam aplikasi cuma-cuma untuk mengaktifkan iklan sebagai sumber pendapatan bagi para developer, dan sering dianggap sebagai adware saat diluncurkan dua tahun lalu. Namun sekarang Xavier telah berubah menjadi software berbahaya.

Tim ahli Trend Micro mengatakan bahwa Xavier kini bisa menghindari deteksi, melakukan eksekusi kode secara jarak jauh, serta mencuri informasi.

Dengan kata lain, malware ini menjadi sangat pintar dan bisa lolos saat dilakuan pemeriksaan dengan program pengaman. Xavier didesain untuk mengunduh kode-kode perintah dari server secara jarak jauh, serta secara diam-diam mengumpulkan data-data penting pengguna, termasuk alamat email, identitas perangkat, versi OS, negara, manufaktur, operator layanan seluler, serolusi, serta aplikasi-aplikasi yang diinstall.

Bahayanya lagi, Xavier kebanyakan menyerang negara-negara Asia Tenggara. Indonesia sudah pasti masuk hitungan, berikut dengan Vietnam dan Filipina. ementara ada sedikit jumlah unduhan dari AS dan Eropa.

Tren bahaya dari OS Android semakin lama, semakin mengkhawatirkan, bahkan terjadi dua kali dalam waktu yang berdekatan. Di bulan Maret, ketika lebih dari 100 aplikasi Play Store mencoba menginfeksi perangkat Android dengan malware Windows. Kemudian bulan Mei, saat lebih dari 36 juta perangkat Android terkena malware Judy.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - 800 Aplikasi di Play Store Terinfeksi Malware : http://ift.tt/2taEDST

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - 800 Aplikasi di Play Store Terinfeksi Malware"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.