Search

Tren Inflasi RI Membaik Sri Mulyani: Mayoritas Disumbang Penurunan Harga Pangan - Bisnis Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan angka inflasi di Indonesia menunjukkan tren yang cukup baik. Dia menyebutkan saat ini angka inflasi di Indonesia berada di level 3,5 persen.

“Dibandingkan banyak negara yang juga inflasinya mulai turun, Indonesia masih dalam situasi yang relatif sangat baik dengan inflasi yang moderat rendah,” ujar Sri Mulyani dalam rapat kerja bersama Badan Anggaran, di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, pada Senin, 10 Juli 2023.

Harga pangan, kata Sri Mulyani, memberikan sumbangan dengan penurunan cukup tajam. Growth dari kenaikan harga pangan volatile food hanya 1,2 persen di headline inflation. Sementara administered price di level 9,2 persen. Diperkirakan pada September 2023 nanti akan terkoreksi tajam karena tahun lalu kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dilakukan.

“Sedangkan inflasi inti, Bank Indonesia akan menjelaskannya karena berkaitan dengan kebijakan moneter yang juga berkonditribusi dalam meredam gejolak tingkat harga,” ucap Sri Mulyani.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi secara tahunan atau year on year (YoY) pada periode Juni 2023 sebesar 3,52 persen. Capaian inflasi Juni merupakan angka terendah sejak April 2023.

"Inflasi Juni 2023 mencapai 3,52 persen, lebih rendah dibanding inflasi April 2022 yang mencapai 4,35 persen dan terus menunjukkan tren penurunan sejak Maret 2023," kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini dalam konferensi pers pada Senin, 3 Juli 2023.

Selanjutnya: Pudji menerangkan, berdasarkan kelompok pengeluaran....

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
July 10, 2023 at 06:28PM
https://ift.tt/ol0cdg5

Tren Inflasi RI Membaik, Sri Mulyani: Mayoritas Disumbang Penurunan Harga Pangan - Bisnis Tempo.co
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/up9ICVO
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tren Inflasi RI Membaik Sri Mulyani: Mayoritas Disumbang Penurunan Harga Pangan - Bisnis Tempo.co"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.