Search

Tren Permintaan Kian Cerah, Apa yang Membuat Nikel Begitu Berharga? - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Nikel merupakan hasil tambang berharga. Mineral logam ini digunakan untuk berbagai kebutuhan industri lantaran memiliki sifat keras, tahan korosi dan suhu tinggi.

Berkat sifat-sifat itulah nikel digunakan dalam pembuatan baja tahan karat alias stainless steel, baterai, lapisan permukaan, dan banyak produk lainnya.

Permintaan nikel yang tinggi, terutama dari sektor industri seperti otomotif dan elektronik, memicu harga nikel melejit dalam beberapa tahun terakhir.

Faktor lain yang mempengaruhi harga nikel adalah ketersediaan pasokan. Pasalnya, nikel merupakan hasil bumi yang tidak dapat diperbaharui. Jumlahnya pun terbatas. Begitu cadangannya habis, maka tamat sudah eksistensi nikel.

Indonesia beruntung karena dianugerahi cadangan nikel melimpah, bahkan menjadi negara dengan cadangan nikel terbesar dunia. Berdasarkan Booklet Nikel 2020 yang dirilis Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), cadangan nikel RI mencapai 72 juta ton. Total cadangan ini mencakup cadangan nikel kadar rendah (limonite) dan kadar tinggi (saprolit).

Data tersebut menunjukkan 72 juta ton ini merupakan 52 persen dari total cadangan nikel dunia yang mencapai 140 juta ton.

Selain di Tanah Air, negara kaya cadangan nikel lainnya adalah Australia, Brazil, China hingga Kanada juga cadangan nikel besar. Meski begitu, cadangan mereka jauh di bawah RI.

Bicara kegunaan, saat ini lebih dari dua pertiga pemanfaatan nikel sebagai bahan baku pembuatan baja tahan karat alias stainless steel. Kandungan nikel dalam pembuatan stainless steel mencapai 75 persen.

Stainless steel yang terbuat dari nikel juga mudah dibentuk sehingga penggunaan stainless steel pun sangat luas.

Nikel juga telah lama digunakan untuk bahan baku baterai. Produknya antara lain baterai ponsel, kamera digital, laptop dan alat-alat kelistrikan lainnya. Seiring dengan kemajuan teknologi baterai, kini nikel digunakan untuk bahan baku baterai kendaraan listrik.

Penggunaan nikel ke depan diperkirakan akan meningkat signifikan seiring pertumbuhan kendaraan listrik di berbagai negara. Meski saat ini pangsa pasar kendaraan listrik masih kecil, ke depan tren kendaraan listrik diprediksi bakal tumbuh pesat.

Pabrikan otomotif seluruh dunia kini mulai beralih dari kendaraan bertenaga bensin ke kendaraan berbasis listrik. Banyak negara juga yang mengucurkan subsidi untuk mempercepat penetrasi kendaraan listrik, termasuk Indonesia.

Kemudian adopsi energi terbarukan. Dibutuhkan baterai untuk menyimpan energi dari sumber energi terbarukan seperti tenaga surya dan angin. Baterai penyimpannya tentu berbahan baku nikel.

Faktor lainnya adalah pembangunan infrastruktur dan konstruksi. Permintaan nikel untuk digunakan dalam stainless steel dan produk lainnya dalam sektor konstruksi dan infrastruktur juga diperkirakan akan tetap tinggi.

Nikel memberikan ketahanan terhadap korosi dan cuaca ekstrem, sehingga sangat cocok digunakan untuk membangun jembatan, bangunan, pipa, dan lainnya.

Namun, perlu diingat bahwa tren penggunaan nikel dapat berubah seiring perkembangan teknologi, kebijakan, dan faktor-faktor ekonomi.

Permintaan dan penggunaan nikel akan terus dipengaruhi oleh perkembangan industri dan kebutuhan pasar di masa depan.

Berikut kegunaan utama nikel di berbagai industri:

1. Stainless steel
Nikel memberikan ketahanan korosi dan stabilitas dimensi pada stainless steel sehingga digunakan dalam pembuatan peralatan dapur, perlengkapan medis, konstruksi bangunan hingga industri petrokimia.

2. Baterai
Nikel digunakan dalam pembuatan berbagai jenis baterai perangkat elektronik antara lain ponsel, laptop, kamera, dan peralatan listrik lainnya.

3. Pelapis permukaan
Nikel dapat digunakan dalam lapisan permukaan untuk memberikan ketahanan terhadap korosi, tahan aus, dan penampilan yang menarik. Contoh produknya antara lain peralatan rumah tangga, keran air, perlengkapan kamar mandi, perhiasan, serta komponen otomotif.

4. Elektronik
Nikel digunakan dalam pembuatan komponen elektronik seperti resistor, kapasitor dan sambungan solder.

5. Pengecoran
Nikel digunakan dalam industri pengecoran untuk membuat produk dengan kekuatan mekanik tinggi, tahan terhadap suhu tinggi dan korosi. Contoh aplikasinya turbin gas, komponen mesin, dan bagian kendaraan.

[Gambas:Video CNN]

(pta/dzu)

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
July 11, 2023 at 05:51PM
https://ift.tt/NtTCUPw

Tren Permintaan Kian Cerah, Apa yang Membuat Nikel Begitu Berharga? - CNN Indonesia
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/UmP6NA5
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tren Permintaan Kian Cerah, Apa yang Membuat Nikel Begitu Berharga? - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.