Search

Kerap Terjadi Kecelakaan di Underpass Kentungan Sleman, Apa Penyebabnya? - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Jajaran kepolisian resor Kota Sleman, Yogyakarta melakukan penelurusan penyebab kecelakaan di underpass Kentungan, Jalan Kaliurang, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pasalnya, lokasi tersebut kerap terjadi kecelakaan.

Pada Rabu (26/7/2023), topik perihal underpass Kentungan sempat ramai menjadi topik perbincangan warganet Twitter karena hal serupa.

"[Breaking News] 3x laka di tempat yg sama dalam beberapa jam. Underpas kentungan. Pertama md (meninggal dunia), Ke 2 dan ke 3 luka-luka," tulis pemilik akun ini.

Baca juga: 5 Fakta Underpass NYIA, Terpanjang di Indonesia hingga Telan Dana Rp 293 Miliar

Saat dikonfirmasi, Kasi Humas Polresta Sleman AKP Edy Widaryanta membenarkan adanya informasi soal kecelakaan di underpass Kentungan tersebut. Salah satu kecelakaan yang terjadi pada hari itu melibatkan truk dan sepeda motor.

Awalnya truk tronton Nissan dengan nomor polisi K 9506 NE berhenti di jalur dari arah timur ke barat pada lajur sebelah kiri karena mengalami kerusakan kendaraan (mogok),

Selang beberapa waktu kemudian dari arah timur ke barat melaju sepeda motor Yamaha N-Max dengan nomor polisi AB 5251 IA.

"Karena jarak yang sudah dekat dan tidak bisa menguasai lajunya kendaraan, pengendara sepeda motor Yamaha N-Max No membentur body belakang kanan light truck tronton hingga terjatuh," kata Edy kepada Kompas.com, Jumat (28/7/2023)

Baca juga: Viral Video Dua Mobil Balapan di Underpass NYIA, Ini Kronologi dan Penjelasan Kementerian PUPR

Lantas, mengapa kerap terjadi kecelakaan di underpass Kentungan, Sleman, DIY?

Edy mengungkapkan beberapa alasan mengapa underpass Kentungan di Sleman, DIY tersebut kerap terjadi kecelakaan.

Pertama, hal itu karena situasi jalanan yang kurang penerangan.

Kemudian, tekstur jalan yang basah karena rembesan di underpass tersebut juga berpengaruh. Sebab, air rembesan membut jalan menjadi licin dan menimbulkan genangan air.

"Akibatnya bisa terpeleset atau menghindar genangan sehingga terjadi laka (kecelakaan) baik tunggal atau ada lawannya," kata dia.

Baca juga: Tabrakan Beruntun di Tol Purbaleunyi, Ini Cara Mengatasi Trauma Usai Kecelakaan

Menurut Edy, rata-rata kecelakaan juga terjadi pada sepede motor dengan kecepatan tinggi yang berpengaruh pada konsentrasi.

Menindaklanjuti hal itu, Kasat Lantas Polresta Sleman berkoordinasi dengan pihak terkait (Dinas Perhubungan, PUPR, dan Bina Marga) telah melakukan survei di lokasi pada Kamis (27/7/2023).

Mereka juga memberi tanda atau rambu supaya pengemudi mengurangi kecepatannya.

Tak hanya itu, Kasat Lantas juga berkoordinasi dengan forum lalu lintas terkait rekayasa lalu lintas dan evaluasi jalan setelah underpass.

Baca juga: Daerah yang Melarang Penggunaan Sepeda Listrik di Jalan Raya

Penjelasan Dishub dan PJN Jogya

Terpisah, Kepala Bidang Lalu Lintas, Dinas Perhubungan DIY, Rizki Budi Utomo mengatakan, underpass Kentungan, Sleman memang memiliki beberapa catatan.

"Catatan di kami beberapa bulan yang lalu) ada 2 aspek. Pertama, potensi konflik dari jalur lambat dan jalur cepat pada saat masuk underpass, Kedua, pencahayaan di dalam underpass," ucapnya, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (27/7/2023).

Menurut Rizki, yang paling krusial adalah penerangan, terutama pada siang hari.

"Tapi poin pentingnya sebenarnya dari posisi luar, saat siang atau terang masuk ke underpass, itu seharusnya tidak terjadi perbedaaan intensitas cahaya yang signifikan," jelasnya.

Baca juga: Viral, Unggahan Keluhan Parkir di Malioboro Rp 50.000 tapi Ban Mobil Digembosi Dishub DIY

Pihaknya berjanji akan memberikan dukungan khususnya pada fungsi koordinatif, termasuk menyiapkan mengagendakan rapat koordinasi di Forum Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Terkait dengan teknik jalan, Rizki mengatakan bahwa hal tersebut menjadi kewenangan PUPR atau di Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah.

Sementara itu, pihak Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah mengatakan telah melakukan kunjungan ke lokasi dan rencananya akan menggelar pembahasan Forum LLAJ pada Senin (31/7/2023).

Baca juga: 9 Cara Mencegah Pecah Ban Mobil di Jalan Tol, Apa Saja?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
July 30, 2023 at 10:30AM
https://ift.tt/penu0di

Kerap Terjadi Kecelakaan di Underpass Kentungan Sleman, Apa Penyebabnya? - Kompas.com - KOMPAS.com
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/G2hrw9K
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kerap Terjadi Kecelakaan di Underpass Kentungan Sleman, Apa Penyebabnya? - Kompas.com - KOMPAS.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.