Search

Tren Sleeper Bus di Indonesia, Makin Diminati atau Sepi? - detikOto

Jakarta -

Sleeper bus menjadi salah satu layanan baru di industri transportasi bus Indonesia. Setelah dipelopori Laksana, karoseri-karoseri besar lainnya seperti Adiputro, Tentrem, dan New Armada juga membuat bus dengan konsep kursi yang bisa direbahkan. Bagaimanakah tren sleeper bus ke depannya?

Bus dengan konsep ala hotel kapsul alias sleeper bus kali pertama meluncur di pameran GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2019. Kala itu, karoseri Laksana memperkenalkan Legacy SR2 Suites Class dengan konsep kursi rebahan. Bus ini pun langsung menjadi primadona pameran dan beritanya viral sampai luar negeri.

Sleeper bus PO Sempati StarSleeper bus PO Sempati Star buatan Adiputro Foto: Dok. Adiputro

Setelah Laksana berhasil dengan produk sleeper busnya, karoseri-karoseri besar lainnya juga turut membuat bus kelas premium itu. Adiputro misalnya, memperkenalkan seri Jetbus 3+ Dream Coach pada akhir 2020 lalu, kemudian pada awal 2022 Tentrem memperkenalkan Avante H9 Priority, dan baru-baru ini giliran New Armada yang merilis bus serupa dengan nama Skylander R22 Aero 9 SLR 0-Gravity.

Direktur Komersial Laksana, Alvin Arman, mengatakan, sleeper bus tetap akan menjadi kelas bus yang terbatas. Peminatnya tetap ada, tapi tidak sampai membludak. Soalnya, bus dengan konsep sleeper belum tentu cocok dengan semua layanan transportasi.

Sleeper bus Tentrem Avante H9 PrioritySleeper bus Tentrem Avante H9 Priority Foto: Luthfi Anshori/detikOto

"Suites class ini pasarnya tetap terbatas, nggak sebanyak bus yang reguler. Karena suites class ini kan lebih untuk AKAP (Antar Kota Antar Provinsi), jarak jauh. Kalau untuk jarak dekat bus ini nggak praktis, untuk bus pariwisata juga saya kira sangat sedikit yang pakai. Dan suites class ini kan menyasar segmen menengah ke atas ya," kata Alvin di Ungaran, belum lama ini.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, Laksana pun berinovasi lagi dengan membuat sleeper bus dengan berbagai konfigurasi kursi. "Ada yang pakai konfigurasi 1-1, ada juga yang 2-1. Terus kita keluarin juga yang suites combi. Jadi kita pilihannya lebih banyak," sambung Alvin.

Sleeper bus cocok digunakan untuk para penumpang yang ingin mendapatkan istirahat berkualitas sepanjang perjalanan. Dengan kursi yang bisa direbahkan, serta kabin lebih privasi, penumpang bisa tidur secara maksimal di dalam bus, sehingga ketika sampai tempat tujuan, badan tetap fresh dan siap untuk melakukan aktivitas.

Sleeper Bus Tentrem di Busworld 2022Kabin sleeper bus Foto: Luthfi Anshori/oto.detik.com

Simak Video "Fresh dan Mewah! Wujud Bus Laksana Legacy SR3"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
July 30, 2023 at 07:51AM
https://ift.tt/uPi1xkF

Tren Sleeper Bus di Indonesia, Makin Diminati atau Sepi? - detikOto
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/G2hrw9K
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tren Sleeper Bus di Indonesia, Makin Diminati atau Sepi? - detikOto"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.