Search

Tren Elektabilitas Anies Menurun, Koalisi Perubahan akan Gelar Safari Bersama - Nasional Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali membantah bahwa tren penurunan elektabilitas bakal calon presiden Anies Baswedan disebabkan karena belum diumumkannya calon wakil presiden. Menurut Ali, penurunan elektabilitas itu bisa jadi disebabkan karena ketiga partai Koalisi Perubahan untuk Persatuan belum menggelar konsolidasi dan safari politik bersama Anies.

Selain NasDem, Koalisi Perubahan turut digawangi oleh Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Kendati tiga partai sudah mendeklarasikan Anies sebagai capres, namun mereka belum pernah menunaikan safari politik bersama.

“Nah ini menjadi salah satu penyebab elektabilitas semakin menurun. Bagi NasDem ini tidak ada (hubungannya) mempengaruhi tidak ada cawapres,” kata Ali di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Rabu, 12 Juli 2023.

Pada Ahad, 16 Juli 2023 mendatang, Partai NasDem menggelar konsolidasi internal bertajuk Apel Siaga Perubahan. Usai konsolidasi ini, Ali menyebut ketiga partai Koalisi Perubahan akan duduk bersama mendiskusikan rencana membawa Anies keliling daerah.

“Karena selama pengumuman (Anies capres) 3 Oktober 2022 oleh NasDem, kemudian diikuti PKS dan Demokrat belum pernah dilakukan konsolidasi bersama-sama. Padahal koalisi sudah terbentuk,” kata dia.

Ali menegaskan pengumuman calon wakil presiden bagi Anies Baswedan tidak akan ditunaikan dalam waktu dekat. Apalagi, kata dia, dalam gelaran Apel Siaga Perubahan.

Scroll Untuk Melanjutkan

Dia bercerita, Koalisi Perubahan untuk Persatuan sudah bersepakat bahwa urusan cawapres diserahkan kepada Anies dan akan diumumkan sendiri olehnya. Dia mengatakan saat ini Anies masih menggunakan mandat itu untuk berkomunikasi dengan sejumlah kandidat cawapres potensial.

“Partai NasDem memberikan mandat kepada Anies untuk mencari wapres. Bahwa nanti tidak ada deklarasi cawapres dari partai koalisi,” kata dia.

Sebelumnya, hasil sejumlah survei menunjukkan elektabilitas Anies cenderung mengalami tren penurunan. Hasil survei teranyar Lembaga Survei Indonesia, misalnya, menempatkan bekas Gubernur DKI Jakarta itu di peringkat ketiga, kalah dari Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Per Juli 2023, elektabilitas Anies dari survei LSI menunjukkan persentase sebesar 21,4 persen alias turun dari bulan April dengan perolehan suara 25,3 persen. Peringkat kedua ditempati oleh Ganjar Pranowo dengan suara sebesar 32,2 persen dan posisi atas diisi oleh Prabowo Subianto dengan suara sebesar 35,8 persen.

Pilihan Editor: Polemik Pengesahan RUU Kesehatan, Kemenkes Sebut Ada Guru Besar Terpengaruh Provokasi dan Hoaks

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
July 12, 2023 at 08:52PM
https://ift.tt/BWKZOhp

Tren Elektabilitas Anies Menurun, Koalisi Perubahan akan Gelar Safari Bersama - Nasional Tempo
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/F2jYN54
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tren Elektabilitas Anies Menurun, Koalisi Perubahan akan Gelar Safari Bersama - Nasional Tempo"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.