Search

Jokowi Berharap Minyak Makan Merah Jadi Tren Baru Goreng Makanan di RI - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan minyak makan merah dapat menjadi tren baru di Indonesia dalam hal goreng-menggoreng. Selain itu, harga minyak makan merah menurutnya lebih ekonomis ketimbang minyak goreng biasa.

Keinginan itu Jokowi sampaikan usai meresmikan pabrik minyak makan merah di Pagar Merbau, Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (14/3).

"Saya kira ini menjadi tren baik untuk urusan goreng menggoreng," kata Jokowi dalam video yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (14/3).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tak hanya soal harga, Jokowi juga menyebut minyak makan merah memiliki kandungan nutrisi dan kaya akan vitamin dari A hingga E.

ADVERTISEMENT

Ia pun yakin hal itu akan menjadikan produk tersebut tidak hanya sehat tetapi juga ekonomis bagi masyarakat.

"Gizi dan vitaminnya banyak, tetapi harga lebih murah," imbuhnya.

Oleh sebab itu, Jokowi menargetkan pabrik pembuatan dan pengolahan minyak makan tanah akan diperluas di berbagai provinsi.

Indonesia, kata dia, menjadi negara dengan lahan kebun kelapa sawit seluas 15,3 juta hektare, dengan 40,5 persen di antaranya milik petani. Kekuatan itu menurutnya harus didukung melalui upaya meningkatkan nilai tambah produksi dalam negeri.

Jokowi selanjutnya berharap tandan buah segar (TBS) tidak diekspor, melainkan diproses dalam negeri sendiri. Pun hal serupa berlaku pada crude palm oil (CPO).

Ia mengatakan pabrik dengan kapasitas produksi 10 ton CPO per hari ini diharapkan dapat menghasilkan sekitar 7 ton minyak makan merah setiap hari.

Oleh sebab itu, Jokowi pun mengajak masyarakat untuk menggunakan produk dalam negeri ini atau produk hilirisasi sebagai langkah mendukung pemasaran dan konsumsi produk yang berkelanjutan.

Dengan hilirisasi, Jokowi meyakini barang-barang mentah tidak akan mengalami fluktuasi harga yang signifikan di kemudian hari.

"Inilah yang namanya hilirisasi. Jangan jual TBS, jangan jual CPO, kalau bisa jadikan barang-barang jadi seperti ini, ini bagus sekali," ujar Jokowi.

[Gambas:Video CNN]

(khr/agt)

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
March 15, 2024 at 08:08AM
https://ift.tt/8XtDEJ7

Jokowi Berharap Minyak Makan Merah Jadi Tren Baru Goreng Makanan di RI - CNN Indonesia
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/bIoWAZ0
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi Berharap Minyak Makan Merah Jadi Tren Baru Goreng Makanan di RI - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.