Search

Tren Diet Pisang untuk Turunkan Berat Badan, Ini Pendapat Pakar Gizi - Wolipop

Jakarta -

Sarapan pisang untuk menurunkan berat badan menjadi tren diet yang ramai diperbincangkan di media sosial. Sempat populer di Jepang beberapa tahun lalu, diet pisang kini kembali banyak penggemar nya.

Morning Banana Diet, adalah sebutan resminya, yang dikembangkan oleh apoteker asal Jepang bernama Sumiko Watanabe. Diet ini awalnya diciptakan Sumiko pada 2008 untuk membantu suaminya diet.

Seperti dikutip dari South China Morning post, Sumiko mengklaim bahwa setelah menjalani diet tersebut, bobot suaminya turun hingga 17 kg. Diet ini viral setelah suami Sumiko menuliskan pengalamannya di salah satu platform media sosial, Mixi. Supermarket pun sempat kehabisan stok pisang karena diburu orang-orang yang ingin mencoba diet pisang tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Keunggulan dari diet ini adalah penerapannya yang fleksibel dan mudah. Seperti apa Morning Banana Diet yang viral ini?

Hanya Sarapan Pisang

Pisang menjadi menu sarapan utama dalam diet ini. Pelaku diet bisa makan pisang sebanyak yang dia mau untuk sarapan, dibarengi minum air putih dengan suhu ruangan.

Setelah 15-30 menit, disarankan minum teh jahe, atau minuman serupa dengan efek menghangatkan tubuh dari dalam. Camilan manis seperti permen atau cokelat diperbolehkan selama menjalani diet ini, tapi dibatasi hanya satu buah sehari.

Makan Siang dan Malam

Tidak ada makanan yang terlalu dibatasi untuk makan siang dan malam. Pediet bisa menyantap berbagai jenis makanan, hanya saja hindari produk olahan susu, makanan kemasan, gorengan, biskuit, pizza dan junk food.

Berhenti Makan Setelah Pukul 20.00

Namun sangat disarankan untuk berhenti makan di atas pukul 20.00. Hindari juga konsumsi alkohol atau minuman berkafein tinggi. Lebih baik cukupi asupan cairan dengan air putih.

Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Mereka yang mengikuti diet ini harus berhenti makan ketika sudah 80 persen merasa kenyang. Sebuah prinsip yang sejalan dengan konsep Jepang kuno yakni hara hachi bun me.

Penduduk Okinawa - salah satu dari lima Zona Biru di dunia, dimana penduduknya diketahui hidup hingga 100 tahun atau lebih - mempraktikkan hal ini.

Pendapat Pakar Gizi

Para ahli gizi mengatakan inti dari diet pisang ini adalah kebiasaan makan yang sehat. Misalnya aja mengontrol porsi dan mengonsumsi makanan bergizi sambil menghindari yang tidak sehat.

"Pola makan ini murni didasarkan pada akal sehat dan gaya hidup tradisional Jepang, yang dianggap sehat," kata ahli gizi Ruchika Sodhi yang berbasis di Delhi, India.

Namun seperti diet lainnya, keberhasilan nya bergantung pada gaya hidup individu secara keseluruhan, metabolisme tubuh, dan tingkat aktivitas fisik.

"Meskipun ini mungkin merupakan awal yang baik untuk penurunan berat badan, kesuksesan jangka panjang memerlukan pendekatan yang lebih inklusif, seperti olahraga teratur dan pola makan seimbang dan beragam cara lagi untuk mendapatkan manfaat yang optimal," tambah Ruchika.

Pisang kaya akan serat dan nutrisi sehingga bisa menjadi asupan energi yang baik di pagi hari. Buah ini bisa memberi efek kenyang lebih lama, sehingga mencegah makan berlebihan.

"Pisang adalah sumber potasium dan mengandung serat larut maupun tidak larut yang baik, yang mengatur lemak tubuh, melawan racun, dan memberi energi bagi tubuh. Buah ini juga sangat rendah kolesterol, natrium, dan lemak jenuh," terangnya.

Serat buah ini, jelasnya, menumpuk di perut sehingga memicu rasa kenyang lebih lama. Pisang juga mengandung pati resisten, yang berfermentasi di saluran pencernaan dan mempercepat pembakaran lemak.

Di sisi lain, pisang merupakan salah satu buah dengan kandungan gula yang tinggi. Maka dari itu bagi penderita diabetes sebaiknya menghindari diet ini atau konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Simak Video "Konser BOBBY iKON di Jakarta Batal, Cek Cara Refund Tiketnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)


Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
March 03, 2024 at 08:00AM
https://ift.tt/arBOE6Z

Tren Diet Pisang untuk Turunkan Berat Badan, Ini Pendapat Pakar Gizi - Wolipop
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/2XruvK8
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tren Diet Pisang untuk Turunkan Berat Badan, Ini Pendapat Pakar Gizi - Wolipop"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.